PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLEX INTRUKTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG

SAHRODI, Zaidi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLEX INTRUKTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran selama proses pembelajaran. Akibatnya, nilai hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran dalam pembelajaran IPS perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan nilai peserta didik agar mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Complex Instruction terhadap hasil belajar IPS di kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan eksperimen kuantitatif dengan jenis eksperimen True Experiment. Metode penelitian melibatkan pretest dan postest di kelas eksperimen serta kelas kontrol. Lokasi penelitian dilakukan di MIN 5 Bandar Lampung dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling untuk pengambilan sampel. Dua kelompok kelas yang terlibat dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen (kelas IV A) dan kelas kontrol (kelas IV B). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan mengacu pada sumber-sumber seperti buku-buku tentang Model Complex Instruction dan jurnal-jurnal terkait dengan penerapan model tersebut dalam pembelajaran ilmu pendidikan sosial. Berdasarkan analisis data, didapatkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,020 pada perhitungan Uji-T. Dengan nilai sig di bawah 0,05 (5%), H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Complex Instruction memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS di kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ilmu pendidikan sosial melalui model pembelajaran Complex Instruction dapat memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model complex instruction, hasil belajar, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:17
Last Modified: 26 Jun 2024 08:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33696

Actions (login required)

View Item View Item