PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN KOMPLEKSITAS BANK TERHADAP FREKUENSI TERJADINYA FRAUD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perbankan Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2020-2022)

M., Hadi Alamsyah (2024) PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN KOMPLEKSITAS BANK TERHADAP FREKUENSI TERJADINYA FRAUD DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perbankan Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2020-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK M HADI ALAMSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini perbankan syariah di Indonesia semakin berkembang, tentu hal ini menjadi perhatian karena seiring perkembangan perbankan syariah tentu bank tersebut akan semakin kompleks dan semakin banyak beredar di Indonesia sehingga hal ini menimbulkan masalah fraud yang dapat terjadi pada perbankan syariah, untuk itu diperlukannya pelaksanaan islamic corporate governance yang baik untuk meminimalisir tindakan fraud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelaksanaan islamic corporate governance dan kompleksitas bank terhadap frekuensi terjadinya fraud secara parsial pada bank umum syariah dan unit usaha syariah tahun 2020-2022. Penelitian ini menggunakan fraud triangle theory sebagai grand theory. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari website resmi masing-masing bank dan website OJK. Populasi pada penelitian ini berjumlah 37 yang merupakan bank umum syariah dan unit usaha syariah yang terdaftar di OJK periode 2020-2022. Sampel pada penelitian ini berjumlah 15 bank umum syariah dan unit usaha syariah pada periode 2020-2022, sehingga jumlah sampel pada penelitin ini yaitu 45 sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunaka teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan aplikasi E-Views 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya secara parsial variabel kualitas pelaksanaan islamic corporate governance berpengaruh positif terhadap frekuensi terjadinya fraud dan kompleksitas bank tidak berpengaruh positif signifikan terhadap frekuensi terjadinya fraud. Kata Kunci : Kualitas Pelaksanaan Islamic Corporate Governance, Kompleksitas Bank, Frekuensi Terjadinya Fraud.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:37
Last Modified: 26 Jun 2024 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33685

Actions (login required)

View Item View Item