PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, SOLVABILITAS DAN LABA RUGI TERHADAP AUDIT REPORT LAG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2020-2022

ZAENAL, ABIDIN (2024) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, SOLVABILITAS DAN LABA RUGI TERHADAP AUDIT REPORT LAG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2020-2022. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ZAENAL ABIDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Financial Distress, Solvabilitas dan Laba Rugi terhadap Audit Report Lag Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam Studi pada perusahaan yang terdaftar Di Jakarta Islamic Index Tahun 2020-2022. Dalam penelitian ini telah mengidentifikasi 13 emiten pada tahun 2020, 15 emiten pada tahun 2021, dan 16 emiten pada tahun 2022 tercatat yang tidak menyampaikan laporan keuangan auditan secara tepat waktu. Hal ini merujuk pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 yang menyatakan bahwa informasi keuangan menjadi tidak relevan ketika jangka waktu pelaporan keuangan melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Jadi Tingkat kepercayaan investor akan menurun dengan adanya keterlambatan informasi penyampaian pelaporan keuangan yang dapat mempengaruhi harga jual saham dipasar modal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data yang digunakan yaitu data skunder yang diperoleh dari website BEI yang tergabung dalam JII selama tahun 2020-2022. Sampel pada penelitian ini berjumlah 13 sehingga jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 39 sampel. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi E-Views 12. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Financial Distress dan Solvabilitas secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Audit report lag, dan laba rugi secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Audit report lag. Sedangkan Financial Distress, Solvabilitas dan Laba Rugi secara simultan bersama-sama mempengaruhi variabel Audit report lag. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam Perusahaan dan auditor bertanggungjawab untuk melaporkan laporan keuangannya secara tepat waktu. Kemudian para investor dapat mempertimbangkan Laba Rugi Perusahaan, sebelum melakukan investasi pada suatu perusahaan agar mendapatkan hasil yang optimal. Kata Kunci: Financial Distress, Solvabilitas, Laba Rugi, audit report lag.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:31
Last Modified: 26 Jun 2024 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33683

Actions (login required)

View Item View Item