ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD N 1 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG

NUR, INTAN PRATIWI (2024) ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD N 1 PINANG JAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NUR INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di tingkat sekolah dasar masih mengalami banyak kesulitan, banyak pendidik yang mengalami kesulitan dalam mengkolaborasikan konten atau isi, proses dan produk atau hasil akhir dalam kegitan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung menjadi salah satu sekolah dasar di Kota Bandar Lampung yang telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada bebarapa tingkatan kelas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PKN di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menjelaskan mengenai pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajar PKN di SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PKN kelas V di SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, dapat dilihat dari cara pendidik melakukan tahap awal meliputi: perencanaan pembelajaran, persiapan peran pendidik sebagai fasilitator dan motivator pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi: pelaksanaan asesmen diagnostik awal dari segi kognitif dan non kognitif, diferensiasi konten meliputi pemanfaatkan berbagai sumber atau materi pembelajaran yang di sesuaikan dengan kebutuhan psesrta didik. Diferensiasi proses meliputi penggunaan kontrak belajar, pemberian pertanyaan pemantik, kegiatan berjenjang, pemberian durasi waktu, dan pemvariasian proses pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar psesrta didik. Diferensiasi produk didominasi dengan pemberian tes tertulis dan lisan, pemberian tugas berbasis proyek belum terlihat. Tahap evaluasi pendidik lakukan dengan penilaian formatif dan sumatif. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiai, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) ABSTRACT The implementation of differentiated learning at the elementary school level still experiences many difficulties, many educators experience difficulty in collaborating on content, processes and products or final results in learning activities that are tailored to the needs of students. SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung is one of the elementary schools in Bandar Lampung City that has implemented differentiated learning at several grade levels. This research aims to determine the application of differentiated learning in PKN subjects at the elementary school level. This research uses descriptive qualitative research. This research explains the implementation of differentiated learning for PKN students at SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung. Data collection techniques are observation, interviews, documentation, primary data and secondary data. Data analysis techniques use techniques, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data using source triangulation, technical triangulation, and time triangulation. The conclusion of this research is that the implementation of differentiated learning in class V PKN subjects at SDN 1 Pinang Jaya Bandar Lampung has been implemented well, it can be seen from the way educators carry out the initial stages including: learning planning, preparation for the role of educators as facilitators and motivators of learning. The implementation stage includes: carrying out initial diagnostic assessments from a cognitive and non-cognitive perspective, content differentiation including the use of various sources or learning materials that are tailored to the needs of students. Process differentiation includes the use of learning contracts, providing trigger questions, tiered activities, providing time duration, and varying the learning process to suit students' learning styles. Product differentiation is dominated by giving written and oral tests, giving project-based assignments is not yet visible. The educator evaluation stage is carried out with formative and summative assessments. Keywords: Independent Curriculum, Differentiated Learning, Citizenship Education (PKN)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:17
Last Modified: 26 Jun 2024 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item