STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MENGGALA, KAB. TULANG BAWANG

REDI, SANJAYA (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MENGGALA, KAB. TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI REDI SANJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara multikultural, dimana didalamnya terdapat beragam suku, bangsa dan agama. Pada Indonesia terdapat enam kepercayaan yang diakui oleh negara, diantaranya ialah : Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, serta Konghuchu. Namun di tengah masyarakat keberagaman di Indonesia sendiri agama islam yang lebih banyak didominasi di Indonesia. Dari keberagaman masyarakat dalam hal agama tentu saja menjadi masalah dalam intoleransi, keharmonisan serta kerukunan dalam bermasyarakat pada masa sekarang ini yang mungkin tidak dapat di hindari. Ada beberapa hasil studi yang menyatakan tingginya sikap radikalisme pada peserta didik. Maka dari itu, pemahaman mengenai moderasi beragama sangat penting sekali untuk ditanamkan kepada peserta didik, agar peserta didik terhindar dari sikap ekstrem, radikal, dan intoleransi. SMA Negeri 3 Menggala sendiri merupakan sekolah yang terdiri peserta didik heterogen. Dari beraneka ragam tentunya harus di sikapi dengan baik, terutama pada peserta didik. Karena sebagian peserta didik ini masih bersikap fanatik terhadap perbedaan pandangan dalam agama islam, akan tetapi sifat fanatik tidaklah membuat mereka intoleran. Sehingga bisa dikatakan nilai-nilai moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 3 Menggala masih dibilang cukup baik. Hal ini tentunya juga tidak lepas dari seorang Pendidik PAI dalam menanamkan nilai�nilai moderasi beragama pada peserta didik. Seorang Pendidik PAI harus menyiapkan berbagai macam strategi pembelajaran untuk menanamkan moderasi beragama peserta didik, agar peserta didik bisa memahami dengan baik arti moderasi beragama. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidik PAI dalam menanamkan sikap at-tawasuth, al-I’tidal, dan tasamuh peserta didik di SMA Negeri 3 Menggala. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (fiel research). Kemudian sumber data yang digunakan dari data primer dan skunder. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan tiga langkah ; pertama, reduksi data (data iv reducation); kedua, penyajian data (display data); dan ketiga, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya peneliti menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah strategi yang diterapkan Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap at-Tawasuth, al�I’tidal, dan Tasamuh peserta didik di SMA Negeri 3 Menggala yaitu menerapkan strategi pembelajaran cooperative di dalam kelas, yaitu kegiatan pembelajaran dengan mengelompokkan peserta didik menjadi kelompok kecil yang terdiri 4-5 peserta didik. Dalam menanamkan moderasi beragama pada peserta didik di SMA Negeri 3 Menggala sudah menerapkan sosial budaya dengan baik. Pendidik juga mengimplementasikan toleransi dikelas dari pembelajarn PAI, dengan pendekatan melalui pembelajaran yang menggunakan strategi. Kata Kunci : Moderasi Beragama, Pendidik Pendidikan Agama Islam, Strategi Pembelajaran. v ABSTRACT Indonesia is a multicultural country, where there are various tribes, nations and religions. In Indonesia there are six beliefs recognized by the state, including: Islam, Christianity, Catholicism, Hinduism, Buddhism and Confucianism. However, in the midst of a diverse society in Indonesia, Islam is the dominant religion in Indonesia. The diversity of society in terms of religion is of course a problem of intolerance, harmony and harmony in society today which perhaps cannot be avoided. There are several study results that state the high level of radicalism among students. Therefore, it is very important to instill an understanding of religious moderation in students, so that students avoid extreme, radical and intolerant attitudes. SMA Negeri 3 Menggala itself is a school consisting of heterogeneous students. Of course, various things must be treated well, especially to students. Because some of these students are still fanatical about differences in views in the Islamic religion, but their fanatical nature does not make them intolerant. So it can be said that the religious moderation values of students at SMA Negeri 3 Menggala are still quite good. This of course cannot be separated from a PAI educator in instilling the values of religious moderation in students. A PAI educator must prepare various learning strategies to instill religious moderation in students, so that students can properly understand the meaning of religious moderation. Then the aim of this research is to determine the learning strategies of PAI educators in instilling at-tawasuth, al-I'tidal and tasamuh attitudes in students at SMA Negeri 3 Menggala. In this study, the researcher used a qualitative research method with a qualitative descriptive approach. This research is a type of field research. Then the data sources used are primary and secondary data. For data collection techniques, the researcher used interviews, observations and documentation. The data obtained were then analyzed descriptively using three steps; first, data reduction; second, data presentation; and third, drawing conclusions. While to test the validity of the data, the researcher used source triangulation. The results of this study are the strategies implemented by Islamic Religious Education Educators in instilling the attitudes of at- vi Tawasuth, al-I'tidal, and Tasamuh of students at SMA Negeri 3 Menggala, namely implementing cooperative learning strategies in the classroom, namely learning activities by grouping students into small groups consisting of 4-5 students. In instilling religious moderation in students at SMA Negeri 3 Menggala, socio-culture has been implemented well. Educators also implement tolerance in the classroom from Islamic Religious Education learning, with an approach through learning that uses strategies. Keywords: Religious Moderation, Islamic Religious Education Educators, Learning Strategies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:34
Last Modified: 25 Jun 2024 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33666

Actions (login required)

View Item View Item