ANALISIS PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

Ahmad, Rizki Syahputra (2024) ANALISIS PERAN GURU PAI DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Ahmad Rizki Syahputra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keberagaman menjadi salah satu ciri khas yang ada di Indonesia, namun keberagaman yang ada ditengah masyarakat terkadang menimbulkan berbagai konflik antar golongan. Pada masa sekarang banyak ditemukan di media sosial terkait konflik kekerasan dan intoleransi. Moderasi atau wasatiyyah dalam Islam mengajarkan untuk umatnya menebar kebaikan, keadilan, kebebasan serta kebaikan terhadap setiap perbedaan dalam urusan agama. Di lembaga pendidikan atau sekolah berperan penting dalam membangun moderasi beragama. Guru sebagai pendidik di sekolah berperan memberikan pengetahuan mengenai moderasi beragama pada peserta didik agar pemahaman mereka terhadap agama tidak terlalu sempti. Oleh karena itu maka pendidikan di sekolah perlu memberikan pengetahuan terkait agama yang luas dan tidak parsial. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 9 Bandar Lampung; 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 9 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapang atau field research dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan dalam mengumpulkan data yang bersifat naratif dari berbagai data sumber primer dan sekunder. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diproleh tersebut dianalisis secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data yaitu melalui triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 9 Bandar Lampung yaitu peran guru tidak hanya sebagai tenaga pengajar, akan tetapi disini berperan sebagai: a) demonstrator (teladan) yaitu guru memberikan contoh baik dalam menerapkan nilai-nilai moderasi beragama sekaligus menjadi suri tauladan, b) pengelola kelas yaitu iv guru PAI mengelola kelas dengan baik agar tercipta suasana belajar dengan nyaman dan memberikan kebebasan bagi siswa yang non muslim, c) sebagai mediator dan d) sebagai motivator yaitu guru PAI memberikan nasihat-nasihat sehingga siswa dapat memehami dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama. 2. Faktor pendukung dan pengambat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di SMPN 9 Bandar Lampung yaitu berasal dari internal dan eksternal sekolah. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Moderasi Beragama, SMP Negeri 9 Bandar Lampung v ABSTRACT Diversity is one of the characteristics in Indonesia, but the diversity that exists in the community sometimes causes various conflicts between groups. Nowadays there are many found on social media related to conflict, violence and intolerance. Moderation or wasatiyyah in Islam teaches for its people to spread goodness, justice, freedom and kindness against every difference in religious affairs. In educational institutions or schools play an important role in building religious moderation. Teachers as educators in schools play a role in providing knowledge about religious moderation to students so that their understanding of religion is not too emptious. Therefore, education in schools needs to provide knowledge related to religion that is broad and not partial. This study aims to 1) Know the role of PAI teachers in instilling religious moderation values at SMPN 9 Bandar Lampung. 2) Analyze supporting and inhibiting factors in instilling religious moderation values at SMPN 9 Bandar Lampung. This type of research is field research and this research uses descriptive qualitative research methods used in collecting narrative data from various primary and secondary source data. The subjects of this study are teachers and students. The data collection process in this study used observation, interview, and documentation techniques. Furthermore, the data obtained is analyzed descriptively through data reduction steps, data presentation and conclusions. The validity test of data is through triangulation of techniques, sources and time. The results showed that 1. the role of PAI teachers in instilling the values of religious moderation at SMPN 9 Bandar Lampung is the role of teachers not only as teaching staff, but here they play a role as: a) demonstrators (examples), namely teachers who set good examples in applying the values of religious moderation as well as being role models, b) class managers, namely PAI teachers manage classes well in order to create a comfortable learning atmosphere and provide freedom for non-Muslim students, c) as a mediator and d) as a motivator, namely PAI teachers provide advice vi so that students can understand and apply the values of religious moderation. 2. Supporting and instilling the values of religious moderation at SMPN 9 Bandar Lampung are from internal and external schools. Keywords: Role of Islamic Education teachers, Religious Moderation, SMP Negeri 9 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:52
Last Modified: 24 Jun 2024 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33658

Actions (login required)

View Item View Item