PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

CICI, RUMILIAWATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika merupakan suatu pembelajaran yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan meningkatkan hasil belajar matematikanya. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil penilaian tengah semester tahun ajaran 2023/2024 dimana peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM (nilai ) sebanyak 13 dari 45 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM) berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji-t, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STEM berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi menghitung volume kubus dan balok. Hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran STEM berbasis alat peraga lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran STEM, Alat Peraga, Hasil Belajar, Matematika iv ABSTRACT Mathematics is a lesson that needs to be mastered by every student in order to support students in the learning process and improve their mathematics learning outcomes. Based on pre-research, it shows that the learning outcomes of class V students at SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung are still relatively low, this can be seen from the results of the mid-semester assessment for the 2023/2024 academic year where 13 students scored above the KKM (score ≥72). of 45 students. Researchers are interested in implementing learning models that can improve students' mathematics learning outcomes. The aim of this research is to determine the effect of implementing the teaching aids-based Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) learning model on students' mathematics learning outcomes. This research is a type of Quasy Experimental Design research with a 2×1 factorial research design. The samples in this research were students in classes V A and V B at SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. The sampling technique used is Cluster Random Sampling (class random technique). Data collection techniques in this research include documentation, interviews and tests. The data analysis techniques used are the Normality test and Homogeneity test. Hypothesis testing in this research uses the t-test. Based on the research results and t-test calculations, it was concluded that there was an influence of the teaching aids-based STEM learning model on students' mathematics learning outcomes in the material of calculating the volume of cubes and blocks. The mathematics learning outcomes of students using the teaching aids�based STEM learning model are better than the mathematics learning outcomes of students using conventional learning models. Keywords: STEM Learning Model, Teaching Aids, Learning Outcomes, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:30
Last Modified: 24 Jun 2024 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33656

Actions (login required)

View Item View Item