IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMANEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Riski, Maulana (2024) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMANEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RISKI MAULANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman mengenai peserta didik, pengembangan kurikulum, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar, pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Ketujuh komponen tersebut harus dikuasai dan diimplementasikan oleh seorang guru dalam pembelajaran di sekolah supaya proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kompetensi pedagogik guru Pendidikan agama Islam dalam pembelajaran di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran di SMA Negeri 8 Bandar Lampung terlaksana dengan baik dilihat dari proses Pembelajaran guru telah mampu menyusun perangkat pembelajaran mulai dari perencanaan guru sudah membuatnya sebelum pembelajaran dimulai, Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam sudah cukup baik, yaitu secara mendidik dan dialogis serta pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, dan evaluasi dilakukan diakhir pembelajaran. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran di SMA Negeri 8 Bandar Lampung yaitu dari guru yang profesional yang memiliki kualitas akademik sarjana (s-1) yang sesuai dengan mata pelajaran yang dibina, dalam artian guru pendidikan agama Islam memiliki kompetensi dan dapat menguasai materi dengan baik, sehat jasmani dan rohani, kesiapan mental dan kesiapan untuk mengajar. Sedangkan Faktor penghambat dalam mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran di SMA iv Negeri 8 Bandar Lampung yaitu kendala dari peserta didik yang tidak kondusif pada saat pembelajaran, kurangnya pemahaman peserta didik terkait keagamaan, kurangnya peran dari lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain itu, metode pembelajaran juga tidak bervariatif, dan kurang nya sarana dan prasarana di sekolah. Kata Kunci :Implementasi, Kompetensi Pedagogik, Pendidikan Agama Islam v ABSTRACT Pedagogic competence is the ability to manage student learning which includes understanding educational insights or foundations, understanding of students, curriculum development, lesson planning, implementation of educational and dialogical learning, evaluation of learning outcomes, development of student potential to actualize their various potentials. These seven components must be mastered and implemented by a teacher in learning at school so that the learning process can run effectively and efficiently. This study aims to describe how the implementation of pedagogic competence of Islamic Education teachers at SMA Negeri 8 Bandar Lampung. This study used descriptive qualitative research method. The data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The results of this study show that the implementation of pedagogical competence of Islamic religious education teachers at SMA Negeri 8 Bandar Lampung is carried out well, as seen from the learning process, teachers have been able to compile learning tools starting from teacher planning, before learning begins, The implementation of learning carried out by Islamic religious education teachers is quite good, namely educatively and dialogically and the implementation of learning is adjusted to the needs of students, and evaluation is carried out at the end of learning. The supporting factor in implementing the pedagogical competence of Islamic religious education teachers in learning at SMA Negeri 8 Bandar Lampung is from professional teachers who have undergraduate academic quality (s-1) in accordance with the subjects fostered, in the sense that Islamic religious education teachers have competence and can master the material well, physically and spiritually healthy, mental readiness and readiness to teach. Meanwhile, the inhibiting factors in implementing the pedagogical competence of Islamic religious education teachers in learning at SMA Negeri 8 Bandar Lampung are obstacles from students who are not conducive to learning, lack of understanding of students related to religion, lack of roles from the vi family and community environment. In addition, learning methods are also not varied, and there is a lack of facilities and infrastructure in schools. Keyword : Implementation, Pedagogic Competence, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:14
Last Modified: 24 Jun 2024 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33654

Actions (login required)

View Item View Item