UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERSERTA DIDIK YANG KESULITAN MEMBACA AL-QUR`AN DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT

Ecca, Elisa Putri (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERSERTA DIDIK YANG KESULITAN MEMBACA AL-QUR`AN DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ECCA ELISA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan tujuan nasional Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Berangkat dari nilai-nilai keagamaan yang dipelajari dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari akan dapat membentuk karakter yang baik dalam diri seseorang sehingga dapat melahirkan perbuatan dan tindakan yang mulia. Tindakan dan perbuatan yang mulia bermula dari ajaran agama. Karena agama menjadi penuntun arah kehidupan manusia dan sebagai pondasi dalam diri seseorang. Al-qur`an adalah kunci untuk mempelajari agama islam. . Al-Qur‟an merupakan pedoman hidup bagi Umat Muslim. Al-Qur‟an mengatur seluruh tatanan hidup, baik tentang hukum, hubungan manusia dengan Allah maupun hubungan antara manusia dengan mahluk ciptaan Allah SWT lainnya. Namun ada beberapa perserta didik kelas 10 di MAN 2 Tulang Bawang Barat yang kesulitan dalam membaca al-qur''an. Karena adanya beberapa faktor, faktor internal maupun faktor eksternal. Sedangkan membaca alquran adalah kewajiban, dan hukum belajar membaca Al-qur`an adalah wajib bagi umat muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama islam, dan mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan-kesulitan perserta didik yang tidak bisa membaca Al-qur`an, metode dalam belajar Al-qur`an, Strategi dalam belajar Al-qur`an, dan Media dalam belajar Alqur`an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif serta menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif menggunakan, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion and verification). Selanjutnya data yang diperoleh dicek keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil penelitian guru dan pihak sekolah menyadari bahwa ada beberapa perserta didik yang tidak bisa membaca Al-qur`an. Untuk mengatasi permasalahan ini guru dan pihak sekolah meneraapkan : membaca Al-qur`an setiap pagi sebelum memulai pembelajaran, mengadakan les disetiap hari selesa pada jam istirahat pertama. Sekolah menyedikan fasilitas sarana dan prasarana agar memudahkan perserta didik dalam belajar Al-qur`an. Beberapa faktor penghambat dalam belajar membaca Al-qur`an diantara rasa malas dalam diri perserta didik, kurangnya rasa ingin tau belajar Al-qur`an, faktor usia, pengaruh lingkungan, faktor orangtua, pengaruh zaman dan gadget. Selain itu perserta didik mengalami kesulitan dalam belajar membaca Al-qur`an seperti: tidak bisa membedakan huruf hijayah yang memiliki bentuk yang sama, belum memahami tanda-tanda harokat, belum bisa membedakan bacaan panjang dan pendek. Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi faktor kesulitan dan penghambat pada perserta didik yaitu dengan pemberian motivasi, memberikan bimbingan dan arahan pentingnya belajar Al-qur`an, kewajiban seorang muslim membaca Al-qur`an, dan manfaat membaca Al-qur`an. Dalam proses belajar membaca Al�qur`an guru menggunakan media Al-qur`an, Iqra, papantulis, dan spidol. Metode yang digunakan ialah metode gabungan antara metode ummi dan metode iqra. Sedangkan strategi yang digunakan yaitu metode sorogan dan baca simak. Kata Kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agama islam, Perserta Didik, Membaca Al-qur`an iv ABTSRACT Based on Indonesia's national goals, it upholds religious values. Departing from religious values that are studied and implemented in everyday life will be able to form good character in a person so that it can give birth to noble deeds and actions. Action And noble deed started from religious teachings . Because religion guides the direction of human life and acts as a foundation within a person. Al- Qur'an is key For study Islamic religion . . The Koran is a guide to life for Muslims . The Qur'an regulates the entire order of life, both regarding law, the relationship between humans and Allah and the relationship between humans and other creatures created by Allah SWT . However There is several grade 10 students at MAN 2 Tulang Bawang Barat who had difficulty reading the Koran. Due to several factors, internal factors and external factors . Meanwhile, reading the Koran is mandatory , and law Study read the Koran is must for people Muslims . The aim of this research is to find out how the efforts of Islamic religious education teachers, and knowing the role of Islamic religious education teachers in overcoming the difficulties of students who cannot read the Koran, methods in learning the Koran, strategies in learning the Koran, and media in learning the Koran . This research uses qualitative research methods with a qualitative descriptive approach and uses field research. The data sources used are primary and secondary data. The data collection process uses interview, observation and documentation techniques. The data was analyzed descriptively using data reduction, data display, conclusion and verification. Next, the validity of the data obtained was checked using source triangulation and techniques. From the research results, teachers and school officials realized that there were several students who could not read the Al-Qur'an. And there are efforts to overcome students' difficulties by implementing several programs, namely: reading the Al-Qur'an every morning before starting learning, holding tutoring every day after the first break. The school provides facilities and infrastructure to make it easier for students to learn the Koran. Several inhibiting factors in learning to read the Al-Qur'an include students feeling lazy, lack of curiosity about learning the Al-Qur'an, age factors, environmental influences, parental factors, the influence of the times and gadgets . Apart from that, students experience difficulties in learning to read the Al-Qur'an, such as: not being able to differentiate hijayah letters which have the same shape, not understanding the signs of harokat, not being able to differentiate between long and short reading. Efforts by Islamic religious education teachers and schools to overcome difficulties and obstacles for students are by providing motivation, providing guidance and direction on the importance of studying the Al-Qur'an, the obligation of a Muslim to read the Al-Qur'an, and the benefits of reading the Al�Qur'an. `an. In the process of learning to read the Koran, the teacher uses the media of the Koran, Iqra, whiteboard and markers. The method used is a combination of the Ummi method and the Iqra method. Meanwhile, the strategy used is the sorogan method and reading and listening. Keywords : Effort, Islamic Religious Education Teacher, Students, Reading the Koran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:59
Last Modified: 24 Jun 2024 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33652

Actions (login required)

View Item View Item