PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD

Uswatun, Hasanah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER. BAB 1-2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran ialah sebuah sistem yang mempunyai komponen pembelajaran yakni, peserta didik, proses belajar, lulusan pada kompetensi yang diharapkan, pendidik, kurikulum dan bahan pembelajaran. Dalam melaksanakan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal yang harus dilakukan salah satunya dengan menggunakan model yang cocok dengan kondisi peserta didik agar peserta didik dapat berfikir kritis, logis dan dapat memecahkan dengan sikap terbuka, kreatif dan inovatif. Dalam pembelajaran kooperatif dikenal berbagai tipe salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengelola, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desian penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian penelitian ini dilakukan di SDN 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Sumber data dari penelitian diperoleh dari wawancara, tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi yaitu 84,44 dibandingkan dengan nilai�rata-rata menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 66,11. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji-T, sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample T-Test. Berdasarkan pada table independent samples test hasil signfikannya iii adalah 0,000 < 0,005. Sehingga dapat ddikatakan bahwa model pembelajaran NHT memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim. Kata kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar iv ABSTRAK Learning is a system that has learning components, namely, students, the learning process, graduates with the expected competencies, educators, curriculum and learning materials. In carrying out the learning process, systematic steps are needed to achieve the predetermined goals. One of the things that must be done is to use a model that suits the students' conditions so that students can think critically, logically and can solve with an open, creative and innovative attitude. In cooperative learning there are various types, one of which is the Numbered Head Together (NHT) type of cooperative learning. Numbered Heads Together (NHT) is a learning model that prioritizes student activities in searching, managing and reporting information from various sources which is ultimately presented in front of the class. The problem formulation in this research is: The Influence of the Numbered Head Together Learning Model on Student Learning Outcomes in Class V Elementary School Mathematics Subjects. The aim of this research is to determine whether or not there is an influence of the Number Head Together learning model on mathematics learning outcomes. This research uses a quantitative approach with an experimental research design, with this type of research being carried out at SDN 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. The data sources for the research were obtained from interviews, learning results tests, observation and documentation. Based on research that has been conducted, it shows that the average value of student learning outcomes using the NHT learning model is higher, namely 84.44, compared to the average value using the conventional learning model, namely 66.11. Based on hypothesis testing using the T-test, according to the basis for decision making in the independent sample T-Test. Based on the independent samples test table, the significant result is 0.000 < 0.005. So it can be said that the NHT learning model has an influence on student learning outcomes. The research results show that there is an influence of the Numbered Heads Together learning model on student learning outcomes. So it can be concluded that there is an influence of the Numbered Heads v Together learning model which can improve student learning outcomes in class V mathematics at SDN 2 Perumnas Way Halim. Keywords: Learning Model, Numbered Head Together Learning Model, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:08
Last Modified: 21 Jun 2024 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33645

Actions (login required)

View Item View Item