HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 3 SUMUR PUTRI BANDAR LAMPUNG

PEBIANA, SUYITNO (2024) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI 3 SUMUR PUTRI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PEBIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan belajar bisa di lihat dengan kedisiplinan belajar peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar peserta didik adalah perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis Korelasi. Di penelitian peneliti mengunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang, dengan sampel yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan data peneliti menggunakan kuesioer/angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil temuan yang merupakan jawaban dalam penelitian yaitu perhatian orang tua ada hubungan terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas V A SD Negeri 3 Sumur Putri Teluk betung. Hasil Pearson Correlation perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar sebesar 0,482 dan tingkat signifikansi sebesar 0,007. Karena nilai signifikansi (sig) p<0,01 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik. Kata Kunci: Hubungan Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar. ABSTRACT Learning success can be seen by students' learning discipline. One of the factors that influences students' learning discipline is parental attention. This research aims to determine the relationship between parental attention and students' learning discipline. The method used in this research is a quantitative research method with a correlation type. In the research, researchers used probability sampling with simple random sampling. The population in this study was 60 people, with a sample of 30 people. The researcher's data collection technique used questionnaires, interviews and documentation. Based on the data analysis that has been carried out, the findings obtained are the answer to the research, namely that parental attention is related to the learning discipline of class V A students at SD Negeri 3 Sumur Putri Teluk Betung. The Pearson Correlation results of parental attention and learning discipline are 0.482 and the significance level is 0.007. Because the significance value (sig) is p<0.01, it can be concluded that there is a significant relationship between the variable parental attention and student learning discipline. Keywords: Relationship between parental attention, learning discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:15
Last Modified: 20 Jun 2024 05:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33637

Actions (login required)

View Item View Item