KONSELING ISLAM UNTUK MENANGANI KECEMASAN 5 PASANGAN SUAMI ISTRI YANG BELUM MEMILIKI ANAK (Studi Kasus Di Kotabumi Lampung Utara)

WIYAN, NOFAN SETIADI (2024) KONSELING ISLAM UNTUK MENANGANI KECEMASAN 5 PASANGAN SUAMI ISTRI YANG BELUM MEMILIKI ANAK (Studi Kasus Di Kotabumi Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK WIYAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan rumah tangga, pasangan suami istri yang yang belum memiliki anak di Kecamatan Kotabumi Lampung Utara menjadi masalah yang sangat mengganggu dalam kehidupannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecemasan 5 pasangan suami istri yang belum memiliki anak di Kotabumi Lampung Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konseling Islam dalam menangani kecemasan suami istri yang belum memiliki anak di Kotabumi Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik purposive sampling untuk menetapkan informan, maka penulis menetapkan 10 informan yang terdiri dari 5 pasangan suami istri di Kotabumi Lampung Utara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data (data collection), reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), kesimpulan dan verifikasi (data conclution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelakasanaan konseling Islam dalam menangani kecemasan 5 pasangan suami istri yang belum memiliki anak di Kotabumi Lampung Utara adalah sebagai berikut: 1) Membentuk lembaga yang menangani permasalah dalam kehidupan berumah tangga yaitu BP4 berdasarkan SK Menteri Agama RI. 2) Pemberian nasehat perkawinan sebelum dan sesudah perkawinan itu berlangsung. 3) Memberikan bimbingan rutin kepada pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan agar dapat menjaga perkawinannya. 4) Menggunakan peran penyuluh agama yang efektif dan efisien dalam memberikan bimbingan kepada pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan. 5) Menggunakan manajemen dakwah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat sekitarnya. Kata Kunci: Konseling Islam, Kecemasan, Suami Istri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:35
Last Modified: 20 Jun 2024 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33632

Actions (login required)

View Item View Item