PENGARUH PENGETAHUAN, TREND LINGKUNGAN SOSIAL, FITUR LAYANAN DAN EFISIENSI TERHADAP TRANSAKSI MAHASISWA MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) (Studi Pada Mahasiswa Di Bandar Lampung)

Maulia, Nurjanah (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, TREND LINGKUNGAN SOSIAL, FITUR LAYANAN DAN EFISIENSI TERHADAP TRANSAKSI MAHASISWA MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) (Studi Pada Mahasiswa Di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  CETAK MAULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Era perkembangan teknologi yang kian pesat mampu menjadikan semua kegiatan serba digital tidak terkecuali dengan dunia perbankan. Transformasi perbankan digital menjadi isu yang penting saat ini.Bank Indonesia resmi meluncurkan Quick Response Indonesian Standarad (QRIS) sebagai standarisasi kanal pembayaran berbasis barcode agar proses transaksi menjadi lebih efisien, dan terjaga keamanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengetahuan, Trend Lingkungan Sosial, Fitur Layanan dan Efisiensi terhadap transaksi Mahasiswa menggunakan Quick Response Indonesian Standarad (QRIS) . Rumusan Masalah: 1.Apakah pengetahuan berpengaruh terhadap transaksi mahasiswa khususnya dibandar lampung dalam menggunakan QRIS?, 2.Apakah trend lingkungan sosial berpengaruh terhadap transaksi mahasiswa menggunakan QRIS pada mahasiswa di bandar lampung?, 3.Apakah fitur layanan berpengaruh terhadap transaksi menggunakan QRIS pada mahasiswa di bandar lampung?, 4.Apakah efisiensi berpengaruh terhadap transaksi mahasiswa khususnya dibandar lampung dalam menggunakan QRIS?, 5. Apakah Pengetahuan, Trend Lingkungan Sosial, Fitur Layanan dan Efisiensi berpengaruh terhadap transaksi mahasiswa khususnya dibandar lampung dalam menggunakan QRIS? Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Bandar Lampung. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan, Trend Lingkungan Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa bertransaksi menggunakan Quick Response Indonesian Standarad (QRIS). Sedangkan variabel Fitur Layanan berpengaruh negatif terhadap mahasiswa bertransaksi menggunakan Quick Response Indonesian Standarad (QRIS). Dapat disimpulkan bahwa Fitur Layanan tidak mempengaruhi seseorang untuk bertransaksi menggunakan Quick Response Indonesian Standarad (QRIS), sedangkan Pengetahuan, Trend Lingkungan Sosial, dan Efisiensi mempengaruhinya. Kata Kunci: Quick Response Indonesian Standard, Pengetahuan, Trend Lingkungan Sosial, Fitur Layanan dan Efisiensi iii ABSTRACT The era of increasingly rapid technological development is able to make all activities completely digital, including the world of banking. Digital banking transformation is an important issue at the moment. Bank Indonesia officially launched the Quick Response Indonesian Standard (QRIS) as a standardization of barcode-based payment channels so that the transaction process becomes more efficient and secure. This research aims to find out how knowledge, social environmental trends, service features and efficiency influence student transactions using the Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Problem Formulation: 1. Does knowledge influence student transactions, especially in Bandar Lampung, when using QRIS, 2. Do social environmental trends influence student transactions using QRIS among students in Bandar Lampung, 3. Do service features influence transactions using QRIS among students in Bandar Lampung? Lampung, 4. Does efficiency affect student transactions, especially in Bandar Lampung, when using QRIS, 5.Do Knowledge, Social Environmental Trends, Service Features and Efficiency influence student transactions, especially in Bandar Lampung, when using QRIS? The research method used is quantitative with multiple linear regression analysis. The population in this study were students in Bandar Lampung. The sample for this study consisted of 100 people who met the criteria. The research results show that the Social Environmental Trend and Efficiency variables have a positive and significant effect on students' decisions to make transactions using the Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Meanwhile, the Service Feature Knowledge variable has a negative effect on students making transactions using the Quick Response Indonesian Standard (QRIS). It can be concluded that the Service Features do not influence someone to make transactions using the Quick Response Indonesian Standard (QRIS), while Knowledge, Social Environmental Trends and Efficiency influence it. Keywords: Quick Response Indonesian Standard, Knowledge, Social Environmental Trends, Service Features and Efficiency

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:59
Last Modified: 13 Jun 2024 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33611

Actions (login required)

View Item View Item