PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 25 TULANG BAWANG TENGAH

HERU, IRAWAN (2024) PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 25 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi HERU IRAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya sarana dan prasarana media atau alat peraga yang dipakai dalam proses pembelajaran, sehingga menimbulkan keterbatasan ide yang ingin disampaikan oleh peserta didik dalam menulis karangan narasi. Hal ini menimbulkan rendahnya kemampuan peserta didik dan merasa kesulitan dalam keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SDN 25 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dilakukan sebanyak dua Siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 25 Tulang Bawang Tengah dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis karangan dan lembar observasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik, pada pra penelitian, diketahui kecapaian keterampilan menulis karangan narasi peserta didik dari 20 siswa terdapat 4 peserta didik (20%) yang memiliki keterampilan menulis karangan narasi yang baik, dan sebanyak 16 peserta didik (80%) memiliki tingkat keterampilan menulis karangan narsi yang rendah. pada siklus I peserta didik mengalami peningkatan dalam keterampilan menulis karangan narasi , dari 20 peserta didik , terdapat 12 (60%) yang telah mencapai batas nilai minimum, dan terdapat 8 (40%) orang peserta didik yang belum memenuhi batas nilai minimum. Kemudian pada silklus II dari 20 peserta didik terdapat 17 peserta didik (85%) telah mencapai batas nilai minimum, dan hanya 4 peserta didik (15%) yang belum mencapaui batas nilai minimum. Kata Kunci : Keterampilan menulis karangan narasi, Media Gambar Seri iv ABSTRACT This research was motivated by the lack of media facilities and infrastructure or teaching aids used in the learning process, resulting in limited ideas that students wanted to convey in writing narrative essays. This gives rise to students feeling difficulties and low skills in writing narrative essays. This research aims to improve narrative essay writing skills using series of picture media in Indonesian language learning for class V students at SDN 25 Tulang Bawang Tengah. This type of research is Classroom Action Research. Two cycles were carried out, each cycle consisting of two meetings, with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection, the subjects of this research were all class V students at SDN 25 Tulang Bawang Tengah with a total of 20 students. Data collection techniques include essay writing tests and observation sheets The results of this research show that through the application of serial image media, students can improve their narrative essay writing skills. In pre-research, it was discovered that out of 20 students, out of 20 students, there were 4 students (20%) who had good narrative essay writing skills. , and as many as 16 students (80%) had a low level of narrative essay writing skills, in cycle I students experienced an increase in their narrative essay writing skills, of the 20 students, there were 12 (60%) who had reached the minimum score limit, and there were 8 (40%) students who had not met the minimum score limit. Then in cycle II, out of 20 students, 17 students (85%) had reached the minimum score, and only 4 students (15%) had not reached the minimum score. Keywords: Narrative essay writing skills, Series Image Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:40
Last Modified: 13 Jun 2024 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33609

Actions (login required)

View Item View Item