PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 01 PENAWAR REJO

ULAN, DARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 01 PENAWAR REJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi ULAN DARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru kurang baik. Siswa kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung karena guru hanya menggunakan tidak varian dalam model pembelajaran dan metode yang satu arah yaitu ceramah. Guru kurang berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga kurang memotivasi siswa untuk belajar. Kemudian, Guru dalam keseharian menyampaikan materi dengan menerapkan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Dengan ini penelitianini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 01 Penawar Rejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasy Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang mana dalam hal ini peneliti memberikan pre dan post test sebagai instrument atau alat pengumpulan data kepada dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan total 60 peserta didik. Berdasarkan hasil analisa disimpulkan bahwa nilai Sig adalah 0,003 yang mana <0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. Kelas V SDN 1 Penawar Rejo.Inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar karena model ini mendorong peserta didik untuk aktif bertanya, menjelajah pengetahuan, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Dengan panduan yang terstruktur, inkuiri terbimbing menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang keterlibatan peserta didik, memungkinkan mereka mencapai pemahaman yang lebih mendalam dan hasil belajar yang lebih baik. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Quasy Experiment iii ABSTRACT Students' ability to accept the lessons delivered by the teacher is not good. Students are less interested in following the ongoing learning process because teachers only use no variants in learning models and one-way methods, namely lectures. Teachers lack innovation in using learning models so they do not motivate students to learn. Then, the teacher delivers material on a daily basis using lecture, question and answer and assignment methods. This research aims to determine the influence of the Guided Inquiry Learning Model Based on Audio Visual Media on the Learning Outcomes of Class V Students at SDN 01 Penawar Rejo. This research used the Quasy Experiment research method with a quantitative approach in which the researcher gives pre and post tests as instruments or data collection tools to two class groups, namely the experimental class and the control class with a total of 60 students. Based on the results of the analysis, it is concluded that the Sig value is 0.003, which is <0.05, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted or that there is an influence of the use of the guided inquiry learning model on student learning outcomes. Class V SDN 1 Penawar Rejo. Guided inquiry has a positive effect on learning outcomes because this model encourages students to actively ask questions, explore knowledge, and develop critical thinking skills. With structured guidance, guided inquiry creates a learning environment that stimulates student engagement, enabling them to achieve deeper understanding and better learning outcomes. Keywords: Guided Inquiry, Learning Results, Quasy Experiment

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:45
Last Modified: 13 Jun 2024 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33603

Actions (login required)

View Item View Item