PengaruhCelebrity Endorser IklanSepeda Motor Yamaha Terhadap Keputusan KonsumenUntuk Membeli DalamPerspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus: Pada WargaDesaEnggalrejoKecamatanAdiluwihKabupatenPringsewu)

Santoso, Bayu Ari (2018) PengaruhCelebrity Endorser IklanSepeda Motor Yamaha Terhadap Keputusan KonsumenUntuk Membeli DalamPerspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus: Pada WargaDesaEnggalrejoKecamatanAdiluwihKabupatenPringsewu). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_BAYU.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Persaingan produsen sepeda motor di Indonesia sangatlah ketat. Produsen sepeda motor telah banyak melaksanakan strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan, salah satunya menggunakan iklan sebagai promosi langsung kepada konsumen. Produsen sepeda motor membuat iklan dengan menggunakan celebrity untuk menarik perhatian dan dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan visibility dari celebrity endorser terhadap keputusan konsumen untuk membeli. (2) Bagaimana pengaruh iklan terhadap keputusan konsumen untuk membeli dalam perspektif ekonomi Islam. Dan tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan celebrity endorser dalam iklan produk sepeda motor Yamaha terhadap keputusan yang dilakukan oleh konsumen tersebut. (2) Dan untuk melihat pengaruh penggunaan celebrity endorsersepeda Motor Yamaha dalam iklan terhadap keputusan konsumen untuk membeli dalam perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik kuesioner yang diambil secara purposive sampling kepadaKeluarga muslim di Desa Enggalrejo Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu..Responden yang menjadi sampel dalam penelitan ini adalah 44 Kepala keluarga dari 79 populasi yang di ambil.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan Variabel Daya tarik (X1), Kredibilitasl (X2), Visibility (X3), dan Variabel Y yaitu Keputusan konsumen. Hasil dari penelitian yaitu Variabel kredibilitas (X2) dan variabel visibility (X3)yang memiliki tarif signifikan sebesar 0.047 dan 0.000 yang berarti di bawah 0.05 sehingga kedua variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli. Sedangkan variabel daya tarik (X1) yang memiliki tarif signifikan sebesar 0.570 yang lebih besar dari 0.05 sehingga variabel daya tarik tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli.Dalam perhitungan mencari pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan visibility dari celebrity endorser secara bersama terhadap keputusan konsumen untuk membeli. Menunjukan pengaruh yang signifikan terbukti dari analisis varian yang menunjukan R square sebesar 65.7 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Variabel daya tarik, kredibilitas, dan visibility dari celebrity endorser mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebesar 65.7% dan 34.3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Tujuan pemenuhan kebutuhan Daruriyyah warga desa Enggalrejo telah sesuai dalam pemenuhannya, warga desa Enggalrejo membeli sepeda motor untuk kebutuhan alat transportasi dikarenakan di desa Enggalrejo tidak ada alat transportasi umum. Tujuan pemenuhan kebutuhan Hajjiyah warga Enggalrejo telah sesuai karena pemenuhan kebutuhan ini, meningkatkan efisiensiwarga Enggalrejo dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan lainnya.Jadi keputusan konsumen untuk membeli telah sesuai dengan tujuan untuk kebutuhan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:41
Last Modified: 13 Mar 2018 01:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item