PEMBERDAYAAN ANAK BERHADAPAN HUKUM DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PADA UNIT PELAYANAN TERPADU DAERAH (UPTD) PENYELENGGARA KESEJAHTERAAN SOSIAL (PKS) INSAN BERGUNA DINAS SOSIAL LAMPUNG

FITRIANI, Syamsul (2024) PEMBERDAYAAN ANAK BERHADAPAN HUKUM DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN PADA UNIT PELAYANAN TERPADU DAERAH (UPTD) PENYELENGGARA KESEJAHTERAAN SOSIAL (PKS) INSAN BERGUNA DINAS SOSIAL LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FITRIANI 2270131007_ 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FITRIANI 2270131007_ 1-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kasus penyimpangan di Wilayah Provinsi Lampung sebanyak 79,2 % persen pada Tahun 2023 dan termasuk didalamnya data pada kasus pidana anak dan menjadi angka yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah terhadap anak berhadapan hukum (ABH). ABH sangat membutuhkan bantuan, pendampingan dan dukungan orang-orang yang perduli dan bertanggung jawab atas nasib mereka. Dengan demikian, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (PKS) Insan Berguna menjadi sebuah institusi dengan mengemban tugas Negara yang dibawah naungan Dinas Sosial Provinsi Lampung serta memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi anak berhadapan hukum pada usia 18 Tahun ke bawah. Intervensi dalam bentuk pemberdayaan terhadap ABH tentu akan mewujudkan kesejahteraan ABH secara optimal hingga menumbuhkan kemandirian di masa yang akan datang. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pemberdayaan pada anak berhadapan hukum dalam menumbuhkan kemandirian pada UPTD PKS Insan Berguna Dinas Sosial Lampung. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses pemberdayaan anak berhadapan hukum di UPTD PKS Insan Berguna Dinas Sosial Provinsi Lampung, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat anak berhadapan hukum dalam menumbuhkan kemandirian di UPTD PKS Insan Berguna Dinas Sosial Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, menyajikan data, hingga menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini yaitu triangulasi data dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemberdayaan terhadap ABH di UPTD PKS Insan Berguna yaitu menggunakan strategi intervensi mikro dengan beberapa tahapan melalui kontak, kontrak pelayanan, asesmen awal, asesmen lanjutan, asesmen psikolog, perencanaan (planing) intervensi/case conference, pelaksanaan (implementation), evaluasi, terminasi, dan bimbingan lanjutan yang dalam intervensinya dilakukan oleh pekerja sosial, pegawai, pengasuh, psikolog, instruktur keterampilan, serta pembimbing agama melalui beberapa intervensi melalui bimbingan sosial, bimbingan psikososial, bimbingan spiritual, dan bimbingan keterampilan. (2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan kemandirian ABH yaitu terdapat pada pendekatan pemberdayaan oleh UPTD PKS Insan Berguna kepada ABH melalui pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Dan faktor penghambat ABH dalam menumbuhkan kemandirian yaitu diakibatkan oleh tingkat pengetahuan atau IQ yang rendah, memiliki pergaulan yang salah, keterbatasan ekonomi, tidak menempuh pendidikan formal ataupun informal, serta pengaruh dari latar belakang budaya dan kultur yang berbeda. Kata Kunci: Pemberdayaan; Anak Berhadapan Hukum; Kemandirian xii ABSTRACT Lampung Province has experienced an increase in irregularities of 79,2 % percent, by 2023, including data on child criminal cases, which has increased over the years. The increase is undoubtedly a particular concern for the government regarding children in conflict with the law (ABH). Children in conflict with the law require help, assistance, and support from those who care about them and are accountable for their fate. Thus, the UPTD (Service Technical Organizing Unit) PKS (Social Welfare Implementation) Insan Berguna is a state-run institution that reports to the Lampung Provincial Social Service. Another goal is to provide social services and rehabilitation to children under the age of 18 who have violated the laws. Intervention in the form of empowerment for children in conflict with the law will undoubtedly improve their welfare and foster independence in the future. This study aims to see how the empowerment of children in conflict with the law fosters independence at the UPTD PKS Insan Berguna of Lampung Social Service. The goal of this research is to examine the process of empowering children in conflict with the law at the UPTD PKS Insan Berguna of Lampung Social Service in Lampung Province, as well as the supporting and hindering factors for children in conflict with the law in fostering independence at the UPTD PKS Insan Berguna of Lampung Social Service. The research method employed is qualitative descriptive. The data were gathered through observation, interviews, and document analysis. The research data were analyzed by reducing, presenting, and drawing conclusions. In this study, data validity checks were performed by triangulating data and comparing and cross�checking the level of trust in information obtained at different times and instruments. The findings revealed that (1) Empowerment of children in conflict with the law at UPTD PKS Insan Berguna is carried out using a micro intervention strategy that includes contact, service contract, initial assessment, further assessment, psychological assessment, planning intervention/case conference, implementation, evaluation, termination, and additional guidance. Social workers, employees, caregivers, psychologists, skills instructors, and religious mentors implement a variety of interventions, including social, psychosocial, spiritual, and skills guidance. (2) The empowerment approach, which includes enabling, strengthening, protecting, supporting, and maintaining, is a factor that contributes to the independence of children in conflict with the law. Furthermore, the inhibiting factors for children in conflict with the law in fostering independence are low levels of knowledge or IQ, incorrect associations, economic limitations, a lack of formal or informal education, and the influence of different cultural backgrounds. Keywords: Empowerment; Children in conflict with the law; Independence xiii امللخص بلغذ الزٍادة في حالت املخالفاث في مقاطعت المبىهج 97,2 % في عام ،2023 وشملذ البياهاث املخعلقت بالقضاًا ا عن السنىاث السابقت، وهذا بالخأكيد مصدر قلق خاص للحكىمت ججاه ً الجنائيت لألحدار وأصبح عددها متزاًد ألاطفال في هزاع مع القاهىن .(ABH (جحخاج ألاطفال في هزاع مع القاهىن (ABH (ا ئلى املساعدة والدعم من ً حق ألاشخاص الذًن يهخمىن بمصيرهم وٍخحملىن املسإوليت عن مصيرهم. ومن زم، أصبحذ مإسست PKS UPTD Berguna Insanمن خالل القيام بىاحباث الدولت جحذ رعاًت الخدمت الاحخماعيت ملقاطعت المبىهج وتهدف ئلى ً جقدًم الخدماث الا حخماعيتوععادة الخأهي لألطفال الذًن ًىاحوىن القاهىن في سن 11 ا أوأق .ومن املإكد أن عام الخدخ في شك جمكين الجمعيت سيحقق بالخأكيد رفاهيتالجمعيت علىهحىألامث لخعزٍزالاسخقالليتفياملسخقب . ًنصب جزكيز هذا البحث على كيفيت جمكين ألاطفال الذًن ًىاحوىن القاهىن في حعزٍز الاسخقالليت في الخدمت الاحخماعيت في Berguna Insan UPKSالمبىهج. والغزض من هذه الدراست هى جحلي عمليت جمكين ألاطفال الذًن ًىاحوىن القاهىن في الخدمت الاحخماعيت Berguna Insan PKS UPTD في مقاطعت المبىهج، وجحلي العىام الداعمت واملثبطت لألطفال الذًن ًىاحوىن القاهىن في حعزٍزالاسخقالليتفيالخدمتالاحخماعيت Insan PKS UPTD Bergunaفي مقاطعت المبىهج. ٌسخخدم هذا البحث البحث النىعي والىصفي. جقنياث حمع البياهاث هي املالحظت واملقابلت وجحلي الىزائق. وٍخم جحلي البياهاث في هذه الدراست عن طزٍق اختزال البياهاث، وعزض البياهاث، واسخخالص النخائج. وجخمث عملياث الخحقق من صحت البياهاث في هذه الدراست هي جثليث البياهاث من خالل مقارهت ومقارهت درحت الثقت في املعلىماث التيجم الحصىل عليهامن خالل أوقاث وأدواثمخخلفتفيالبحثالذي جم ئحزاؤه. أظوزث النخائج أن )1( جمكين ألاطفال في هزاع مع القاهىن في Berguna Insan PKS UPTD ٌسخخدم استراجيجيت الخدخ الجزئي مع عدة مزاح من خالل الاجصال، وعقد الخدمت، والخقييم ألاول، والخقييم إلاضافي، والخقييم النفس ي، والخخطيط، والخدخ / مإجمز الحالت، والخنفيذ، والخقييم، وإلانهاء، والخىحيه إلاضافي الذي ًخم في الخدخ من قب ألاخصائيين الاحخماعيين واملىظفين ومقدمي الزعاًت وألاخصائيين النفسيين ومدربي املواراث واملزشدًن الدًنيين من خالل عدة جدخالث من خالل الخىحيه الاحخماعي والخىحيه النفس ي والاحخماعي والخىحيه الزوحي والخىحيه املواري. )2( جىحد العىام الداعمت في حعزٍز اسخقالليت ألاطفال في هزاع مع القاهىن في ههج الخمكين الذي جدبعه Berguna Insan PKS UPTD من خالل الخمكين والخقىٍت والحماًت والدعم والصياهت. أما العىام املثبطت لألطفال في هزاع مع القاهىن في حعزٍز الاسخقالليت فخنجم عن اهخفاض مسخىي املعزفت أو معدل الذكاء، ووحىد ارجباط خاطئ، والقيىد الاقخصادًت، وعدم جلقي الخعليم الزسمي أو غير الزسمي، وجأزير الخلفياث الثقافيت والثقافاث املخخلفت. الكلماتاملفتاحية: التمكين،ألاطفال فينزاع مع القانون، الاستقاللية

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2024 06:47
Last Modified: 12 Jun 2024 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33588

Actions (login required)

View Item View Item