IMPLEMENTASI PASAL 19 AYAT (3) PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi di Bawaslu Kota Bandar Lampung)

Axni, Lia Selvi (2024) IMPLEMENTASI PASAL 19 AYAT (3) PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi di Bawaslu Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilihan umum yang demokratis dan berkualitas bisa dihasilkan dengan proses pemilihan yang demokratis pula. Salah satunya adalah dengan pengawasan yang professional. Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu menerbitkan Peraturan Badan Pengawasan Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum yang menjadi acuan dalam penyelenggaraan pengawasan pemilihan umum tahun 2024. Di dalam salah satu pasalnya menjelaskan tentang pembinaan Bawaslu kepada pengawas pemilu di bawahnya, yakni kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan. Maka dari itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana Implementasi Pasal 19 ayat (3) Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Bawaslu Kota Bandar Lampung? Dan (2) bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyah Terhadap Implementasi Pasal 19 ayat (3) Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Perspektif di Bawaslu Kota Bandar Lampung? Penelitian dalam skripsi ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif empiris, dalam hal ini dengan melihat fakta di lapangan terhadap implementasi Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 5 Tahun 2022 yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden yakni komisioner Bawaslu Bandar Lampung dan Panwascam. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi, artikel ilmiah. iv Penelitian ini menyimpulkan bahwa Implementasi Pasal 19 ayat (3) Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyah dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung dengan melakukan melakukan supervisi, koordinasi, monitoring dan asistensi kepada Panitia Pengawas Kecamatan di seluruh Kecamatan se Kota Bandar Lampung. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka melakukan pembinaan serta meningkatkan kemampuaun para pengawas pemilu di tingkat kecamatan hingga tingkat kelurahan agar benar-benar professional dalam melakukan kerja-kerja pengawasan pemilu 2024. Menurut Perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyah, implementasi Pasal 19 ayat (3) Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Bandar Lampung telah sesuai dengan fiqh siyasah tanfidziyah karena Bawaslu Kota Bandar Lampung telah melaksanakan peraturan perundang-undangan sesuai fiqh siyasah tanfidziyah, yakni telah menerapkan tanggung jawab dalam menajalkan amanah dengan memberikan supervisi, koordinasi, monitoring dan asistensi kepada Panwascam dan Panwas Kelurahan. Bahwa setiap amanah harus dijalankan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:06
Last Modified: 12 Jun 2024 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33586

Actions (login required)

View Item View Item