KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTER DALAM PROSES ADAPTASI PADA SANTRI BARU PONDOK PESANTREN WALI SONGO LAMPUNG TENGAH

TRIE, ANGGARA (2024) KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTER DALAM PROSES ADAPTASI PADA SANTRI BARU PONDOK PESANTREN WALI SONGO LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Santri baru Pondok Pesantren Wali Songo Lampung Tengah mengalami stress karena merasa jauh dari orang tuanya selalu ingat rumah dan mereka merasa tidak nyaman dengan kondisi kehidupan di pesantren apalagi tanpa di dampingi oleh orang tuanya oleh sebab itu santri merasa tertekan dengan kondisi adaptasi diri yang dia jalani. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan client center dalam proses adaptasi pada santri baru Pondok Pesantren Wali Songo Lampung Tengah Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dimana bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer didalam penelitian ini yaitu dari santri baru peneliti hanya meneliti 4 orang santri karena berdasarkan kriteria berikut: a). Santri baru pondok pesantren wali songo yang susah beradaptasi pada lingkungan baru. b). Santri baru pondok pesantren wali songo SMP kelas VII yang berusia 15 Tahun. c). Santri baru pondok pesantren yang mengikuti kegiatan konseling individu. Kemudian 1 orang konselor dan 1 staff tata usaha. Pengambilan seluruh sampel 6 orang dikarenakan menggunakan teknik purposive sampling karena keterbatasan waktu, uang dan kemampuan. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku, dokumen, internet dan media cetak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, kemudian observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwasanya pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan client center dalam proses adaptasi pada santri baru Pondok Pesantren Wali Songo Lampung Tengah dilaksanakan melalui dua tahap yaitu 1) Persiapan, yaitu konselor menyiapkan materi, media, waktu dan tempat. 2) Pelaksanaan, yaitu proses yang dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu: a) Tahap Awal, Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan membangun hubungan dengan santri agar terciptanya hubungan komunikasi yang baik antara konselor dengan santri. b). Tahap Kerja, tahap inti yaitu konselor menyesuaikan pendekatan dan metode yang sesuai dan tepat digunakan pendekatan yang digunakan adalah client center terhadap santri ini bertujuan agar mereka mampu melihat dirinya secara berbeda, lebih menerima dirinya, dan supaya mereka lebih percaya pada dirinya bahwa mereka mampu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dan akan berprilaku lebih matang, dengan menjaga hubungan konseling selalu terpelihara, mengeksplorasi masalah, dan menjalankan proses konseling sesuai dengan kontrak pada tahap awal. c). Tahap Akhir, yaitu evaluasi dan tindak lanjut, kegiatan konseling individu ini membuahkan hasil positif adanya perubahan yang terjadi secara signifikan. Tampak santri yang awalnya merasa tidak nyaman dengan lingkungan baru di pesantren, jarang bergaul dan lebih senang menyendiri kini mulai berupaya lebih memberikan kenyamanan dan keamanan, mampu menjalin relasi sosial dengan baik dan mampu menyesuaikan diri di lingkungan pondok pesantren. Kata Kunci : Konseling Individu, Adaptasi Diri.ABSTRACT The new students of the Wali Songo Islamic Boarding School, Central Lampung, experience stress because they feel far from their parents, they always remember home and they feel uncomfortable with the living conditions in the Islamic boarding school, especially without being accompanied by their parents, therefore the students feel pressured by the conditions of self-adaptation that they live in. So the problem formulation in this research is how to implement individual counseling with a client center approach in the adaptation process for new students at the Wali Songo Islamic Boarding School, Central Lampung This type of research is field research which is descriptive qualitative in nature. The primary data source in this research is from new students. The researcher only studied 4 students because it was based on the following criteria: a). The new students at the Wali Songo Islamic boarding school are having difficulty adapting to the new environment. b). The new student at the Wali Songo Islamic boarding school, class VII, is 15 years old. c). New Islamic boarding school students who take part in individual counseling activities. Then 1 counselor and 1 administrative staff. The entire sample was taken from 6 people because it used a purposive sampling technique due to limitations of time, money and ability. Meanwhile, secondary data sources in this research were obtained from books, documents, the internet and print media. The data collection techniques used were unstructured interviews, then non-participant observation and documentation. The data analysis technique used is the Miles and Huberman data analysis model, which consists of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research are that the implementation of individual counseling with a client center approach in the adaptation process for new students at the Wali Songo Islamic Boarding School in Central Lampung is carried out in two stages, namely 1) Preparation, namely the counselor prepares material, media, time and place. 2) Implementation, namely the process carried out in three stages, namely: a) Initial Stage, At this stage the activities carried out are to build relationships with the students in order to create a good communication relationship between the counselor and the students. b). Work Stage, the core stage is that the counselor adjusts the approach and methods that are appropriate and appropriate to use. The approach used is client center for the students. This aims to make them able to see themselves differently, accept themselves more, and so that they have more confidence in themselves that they are able to solve problems. that they face and will behave more maturely, by always maintaining the counseling relationship, exploring problems, and carrying out the counseling process in accordance with the contract at an early stage. c). The final stage, namely evaluation and follow-up, this individual counseling activity produced positive results, significant changes occurred. It appears that the students who initially felt uncomfortable with the new environment at the Islamic boarding school, rarely socializing and preferring to be alone are now starting to try to provide more comfort and security, are able to establish good social relations and are able to adapt to the Islamic boarding school environment. Keywords: Individual Counseling, Personal Adaptation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:21
Last Modified: 11 Jun 2024 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33577

Actions (login required)

View Item View Item