HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL DAN BEBAN KERJA DENGAN BURNOUT PADA GURU

Realita, Fitri (2024) HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL DAN BEBAN KERJA DENGAN BURNOUT PADA GURU. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK REALITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL DAN BEBAN KERJA DENGAN BURNOUT PADA GURU Oleh : Realita Fitri Burnout merupakan gejala puncak dari stres kerja yang tidak dapat terkontrol dan diatur dengan baik oleh individu . Selain itu burnout juga didefinisikan sebagai gejala psikologi yang dapat muncul ketika pekerja terlalu di exposed (ditekan) dalam lingkungan kerja yang dapat menyebabkan stres tinggi dengan tuntutan kerja dan tugas kerja yang tinggi namun mempunyai sedikit penghasilan atau gaji yang diterima. Burnout mempunyai efek yang besar dalam mengurangi kesehatan jiwa, dapat mengganggu kesehatan, kemampuan coping, kehidupan pribadi dan kemunduran performa. Dengan berbagai faktor yang terjadi tidak menutup kemungkinan bahwa guru akan memiliki kecenderungan burnout, jika burnout dialami maka ini menjadi suatu masalah dalam kinerja guru tersebut, sehingga hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti agar guru setidaknya dapat mengetahui dan menghindari gejala burnout. Selain itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Kotaagung Barat Kabupaten Tanggamus mengalami gejala burnout. Populasi dalam penelitian ini adalah guru honorer atau pegawai negri sekolah dasar negeri Kecamatan Kotaagung Barat Kabupaten Tanggamus dengan jumlah 167 orang. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel slovin dan yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 70 orang guru honorer. Metode pengambilan data pada penelitian menggunakan skala burnout dari 32 aitem (α‎ =‎ 0.900),‎ skala Locus Of Control dari 27 aitem (α‎ =‎ 0.866)‎ dan‎ skala‎ beban‎ kerja‎ dari‎ 27‎ aitem‎ (α‎ =‎ 0.817)‎ Teknik‎ analisis‎ regresi berganda dengan bantuan program aplikasi dengan JASP 15.0. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan positif dan signifikan antara locus of control ekternal dengan burnout pada guru honorer nilai koefisien korelasi (rx1-y) = 0.552 dengan p<0.001. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang poisitf dan signifikan antara locus of control ekternal dengan burnout pada guru honorer. Sumbangan efektif yang berikan locus of control ekternal terhadap burnout adalah sebesar 30,47%. Hasil kedua dengan nilai koefisien korelasi (rx2-y) 0.520 dan nilai signifikansi p<0,001 yang menunjukan hubungan positif signifikan beban kerja terhadap burnout. Hasil ketiga dengan nilai r= 0,759 dan nilai F = 45,48 dengan signifikansi p< 0.001. Nilai R-Square sebesar 0,576 atau 57,6%, maka dapat disimpulkan bahwa locus of control ekternal dan beban kerja mempengaruhi burnout pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kotaagung Barat Kab. Tanggamus. Kata Kunci : burnout, locus of control eksternal, beban kerja, guru. ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF EXTERNAL LOCUS OF CONTROL AND WORKLOAD TO BURNOUT IN TEACHER By: Realita Fitri Burnout is the peak symptom of work stress that cannot be controlled and regulated properly by individuals. In addition, burnout is also defined as a psychological symptom that can arise when workers are too exposed (pressured) in a work environment that can cause high stress with high work demands and work tasks but have little income or salary received. Burnout has a major effect in reducing mental health, can interfere with health, coping skills, personal life and performance deterioration when various factors accur, it is possible that teachers will have a tendency to burnout, if burnout is experienced then this becomes a problem in the teacher's performance, so this is something interesting to research so that teachers can at least know and avoid burnout symptoms. The population in this study were honorary teachers or state employees of Negeri elementary schools in Kotaagung District, Tanggamus Regency with a total of 167 people. Researchers used quantitative research methods with Slovin techniques and the samples of this study were 70 honorary teachers.The data collection method in the‎ study‎ used‎ a‎ burnout‎ scale‎ of‎ 32‎items‎ (α‎ =‎ 0.900),‎ a‎ Locus‎ Of‎ Control‎scale‎of‎27‎items‎(α‎=‎0.866)‎and‎a‎workload‎scale‎of‎27‎items‎ (α‎=‎0.817)‎Multiple‎regression‎analysis technique with the help of an application program with JASP 15.0. The results showed that there is a positive and significant relationship between external locus of control and burnout in honorary teachers the correlation coefficient value (rx1-y) = 0.552 with p <0.001. This shows that there is a positive and significant relationship between external locus of control and burnout in honorary teachers. The effective contribution that external locus of control gives to burnout is 30.47%. The second result with a correlation coefficient value (rx2-y) of 0.520 and a significant value of p <0.001 which shows a significant positive relationship between workload and burnout. The third result is the value of r = 0.759 and the value of F = 45.48 with a significance of p <0.001. The R-Square value is 0.576 or 57.6%, Keywords: burnout, external locus of control, workload, teacher.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:21
Last Modified: 11 Jun 2024 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33568

Actions (login required)

View Item View Item