MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KETUA STIT DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN TRI DARMA PERGURUAN TINGGI (Studi di STIT Bustanul Ulum Lampung Tengah)

FALAHTUN, FITRIYANI (2024) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KETUA STIT DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN TRI DARMA PERGURUAN TINGGI (Studi di STIT Bustanul Ulum Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  FALAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Adapun permasalahan yang peneliti temukan bersifat positif dimana peneliti berusaha mencari informasi terkait Manajemen kepemimpinan ketua STIT dalam meningkatkan capaian tri darma perguruan tinggi. Upaya kepemimpinan ketua dapat berjalan dan terealisasi dengan baik dengan didukung oleh manajemen kepemimpinan yang baik pula. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan kepemimpinan ketua di STIT Bustanul Ulum Lampung tangah, 2)Bagaimana pengelolaan kepemimpinan ketua di STIT Bustanul Ulum Lampung Tengah, 3)Bagaimana pelaksanaan kepemimpinan ketua di STIT bustanul ulum Lampung tengah, 4) Bagaimana pengawasan kepemimpinan ketua STIT bustanul ulum Lampung tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh langsung dari ketua STIT, wakil ketua 1, kabag administrasi, ketua prodi, dosen, dan staf TU.. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukkan bahwa: 1)Dalam melakukan perencanaan Sistem kepemimpimpinan dengan Menetapkan kebutuhan untuk pelaksanaan dan membuat rincian program kepemimpinan melibatkan pemahaman mendalam tentang kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan.2) pengorganisasian kepemimpinan ketua STIT sebagai pemimpin dilakukan dengan menempatkan sumber daya di area yang paling kritis dan strategis untuk mencapai tujuan organisasi, mendelegasikan tugas dan tanggung jawab bagi anggota tim untuk berkembang, manfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta manfaatkan kemitraan dan kolaborasi dengan pihak eksternal, seperti industri, pemerintah daerah, atau lembaga pendidikan lainnya. selain dengan menempatkan sumber daya di area yang paling kritis dan strategis untuk mencapai tujuan organisasi pemimpin juga memberikan pelatihan-pelatihan. Pelatihan menjadi strategi yang tepat dalam mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan seluruh struktural organisasi STITBU. 3) Dalam pelaksanaan kepemimpinan ketua menerapkan kebijakan pengembangan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan kepada para bawahan adalah langkah kunci untuk meningkatkan mutu kampus. 4) pengawasan atau kontrol terhadap pegawai dilakukan dengan menetapkan standar kinerja yang jelas untuk setiap tugas atau proyek, memantau kemajuan dan kinerja pegawai secara real-time, mengadakan pertemuan rutin untuk memberikan pembaruan tentang proyek, mendengarkan masukan, dan memberikan arahan tambahan, menuntut laporan progres kemajuan secara teratur, menyediakan ruang untuk berbagi pengalaman antar pegawai, serta perlu menemukan keseimbangan yang tepat antara melakukan pengawasan yang diperlukan dan memberikan kebebasan kepada pegawai untuk berkreativitas dan mengambil inisiatif. K a t a K u n c i : Manajemen,Kepemimpinan Ketua, Tri Darma Perguruan Tinggi iii ABSTRACT Trying to find information related to the chairman's leadership in improving the achievements of the tri dharma of higher education. The chairman's leadership efforts can run and be realized well, supported by good leadership management. This research is intended to answer the problems: 1) How is the chairman's leadership planning at STIT Bustanul Ulum Lampung, Tangah, 2) How is the chairman's leadership managed at STIT Bustanul Ulum, Central Lampung, 3) How is the chairman's leadership implemented at STIT Bustanul Ulum, Central Lampung, 4) How is the supervision leadership of the chairman of STIT Bustanul Ulum, Central Lampung. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The data collection techniques used were observation, in-depth interviews and documentation. The data sources for this research were obtained directly from the head of STIT, deputy head 1, head of administration, head of study program, lecturers and TU staff. Data analysis used data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show that: 1) In planning the leadership system by determining the needs for implementation and making details of the leadership program, it involves an in�depth understanding of the conditions and challenges faced by educational institutions. 2) organizing the leadership of the STIT chairman as a leader is carried out by placing resources in the area the most critical and strategic way to achieve organizational goals, delegate tasks and responsibilities for team members to develop, utilize technology to increase efficiency and productivity, and utilize partnerships and collaboration with external parties, such as industry, local government, or other educational institutions. Apart from placing resources in the most critical and strategic areas to achieve organizational goals, leaders also provide training. Training is the right strategy in developing the abilities, skills and knowledge of the entire STITBU organizational structure. 3) In implementing leadership, the chairman applies a policy of developing abilities, skills and knowledge to his subordinates, which is a key step in improving the quality of the campus. 4) supervision or control of employees is carried out by setting clear performance standards for each task or project, monitoring employee progress and performance in real-time, holding regular meetings to provide updates on projects, listening to input and providing additional direction, demanding progress reports progress regularly, provide space for sharing experiences between employees, and need to find the right balance between providing necessary supervision and giving employees the freedom to be creative and take initiative. Key words: Management, Chair Leadership, Tri Darma of Higher Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:19
Last Modified: 10 Jun 2024 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33544

Actions (login required)

View Item View Item