ANALISIS SIYA<SAH TANFIZ|IYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 32 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 04 TAHUN 2022 TENTANG PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi di Desa Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus)

Ira, Orlensyah (2024) ANALISIS SIYA<SAH TANFIZ|IYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 32 PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 04 TAHUN 2022 TENTANG PENANGGULANGAN KEMISKINAN (Studi di Desa Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK IRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus memiliki program penanggulangan kemiskinan yang dibentuk guna mewujudkan penurunan kemiskinan bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus dan menjamin penghargaan perlindungan dan pemenuhan hak dasar masyarakat miskin di Tanggamus. Program penanggulangan kemiskinan ini dijalankan dengan menghadirkan Puskesos. Spesifiknya Puskesos menjadi tempat dalam meingkatkan efektivitas dan efisiensi penanganan penduduk miskin dan orang tidak mampu, serta pemerintah daerah membentuk puskesos disetiap Pekon/Kelurahan. Permasalahan terdapat pada Lembaga Puskesos yang sudah tidak aktif lagi, sehingga program penanggulangan kemiskinan tersebut tidak berjalan dengan efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana implementasi pasal 32 peraturan daerah Kabupaten Tanggamus No. 04 tahun 2022 tentang penanggulangan kemiskinan di Desa Gunung Megang Kecamatan Pulau Pangggung Kabupaten Tanggamus dan bagaimana analisis Siya<>sah Tanfiz\yah terhadap implementasi pasal 32 peraturan daerah Kabupaten Tanggamus No. 04 tahun 2022 tentang penanggulangan kemiskinan di Desa Gunung Megang Kecamatan Pulau Pangggung Kabupaten Tanggamus. Tujuan dari permasalahan ini untuk mengetahui implementasi pasal 32 peratuan daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 04 Tahun 2022 tentang penanggulangan kemiskinan di Desa Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus dan untuk mengetahui analisis Siya>sah Tanfiz\iyah dalam melihat implementasi pasal 32 peraturan daerah nomor 04 tahun 2022 tentang penanggulangan kemiskinan di Desa Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, Implementasi yang dilaksanakan oleh Pusat Kesejahteraan Sosial di Desa Gunung Megang Kabupaten Tanggamus tentang pembentukan lembaga Puskesos serta pelayanan sosial terkait penanggulangan kemiskinan yang dilakukan tidak efektif. Sehingga hal ini sarana dan prasarana dalam pelayanan sosial kurang memadai baik dalam bentuk financial iv (keuangan), sumber daya manusia maupun pemerintah yang kurang dalam memperhatikan kinerja Puskesos dan sistem pelatihan aplikasi penginputan data. Pandangan Siya>sah Tanfiz|iyah pelayanan sosial terhadap penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh Pusat Kesejahteraan Sosial Desa Gunung Megang Kabupaten Tanggamus tidak sesuai dengana syariat islam, karena tidak berlandaskan prinsip�prinsip keadilan, kemaslahatan masyarakat dan penegakan ketertiban. Kata Kunci : Penanggulangan Kemiskinan, Puskesos, Siya>sah Tanfiz\iyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:37
Last Modified: 07 Jun 2024 08:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33540

Actions (login required)

View Item View Item