EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 KATIBUNG

Devina, Liza Kurnia (2024) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 KATIBUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI Devina Liza Kurnia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kontrol diri adalah kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri, seperti kemampuan untuk menekan atau merintangi implus-implus atau tingkah laku impulsif. strategi self control berfokus untuk membantu individu yang bermasalah mengembangkan keterampilan yang dapat mereka gunakan untuk mengubah perilaku mereka. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh konseling individu dalam meningkatkan self control terhadap peserta didik SMP Negeri 3 Katibung. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan konseling individu dan memiliki satu subjek dalam penelitiannya. Hasil menunjukkan adanya perubahan dalam peningkatan self control oleh AU. Pada fase baseline A1, terlihat self control menurun. Pada fase B, diberikan perlakuan dengan tahap-tahap konseling individu yang menunjukkan hasil peningkatan self control pada AU. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukkan peningkatan yang stabil. Hasil analisis data statistic deskriptif menunjukkan bahwa self control pada fase baseline A1 dan fase intervensi B mengalami penurunan sebesar 0%, sedangkan pada fase intervensi dan baseline A2 mengalami peningkatan yang stabil sebesar 33,33%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa self control terhadap peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 3 Katibung terdapat peningkatan dalam mengontrol diri dengan menggunakan konseling individu. Kata Kunci : Konseling Individu, Kontrol diri ii ABSTRACT Self-control is the ability to guide one's own behavior, such as the ability to suppress or inhibit impulses or impulsive behavior. Self-control strategies focus on helping troubled individuals develop skills they can use to change their behavior. The research aims to analyze the effect of individual counseling services in increasing self-control of students at SMP Negeri 3 Katibung. This research is research using the Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A design. The data collection methods used were observation, interviews and documentation. By using individual counseling services and having one subject in the research. The results show a change in increasing self-control by AU. In the baseline A1 phase, self�control was seen to decrease. In phase B, treatment was given with stages of individual counseling services which showed the results of increasing self-control in AU. Then observations were given again in the baseline A2 phase without any intervention and showed a stable improvement. The results of descriptive statistical data analysis show that self control in the baseline phase A1 and intervention phase B decreased by 0%, while in the intervention phase and baseline A2 experienced a stable increase of 33.33%. Based on this, it can be stated that the self-control of class VIII A students at SMP Negeri 3 Katibung has increased in self-control by using individual counseling services. Keywords: Individual Counseling, Self Control

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:11
Last Modified: 07 Jun 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33529

Actions (login required)

View Item View Item