PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG

Azet, Sampurna (2024) PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AZET SAMPURNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitan ini dilakukan bedasarkan dengan kenyataan dilapangan salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu karena pada pelaksanaan pembelajaran terdapat banyak peserta didik yang kurang aktif, Selain itu guru masih sering menjelaskan materi pembelajaran yang akan disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan bermain peran. Serta teknik pembelajaran yang kurang efektif dalam membantu siswa ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar. Berdasarkan masalah yang telah dikemukakan di atas maka peneliti melakukan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Metode Pictorial Riddle berbantuan media Powerpoint, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pictorial Riddle berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen, data bersifat statistik, desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Cluster Sampling kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 peserta didik dan kelas XI RPL sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar kognitif pada materi taubat dan raja’. Variabel independen yaitu Metode Pictorial Riddle dan variabel dependen hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar. Dan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis t-test. Berdasarkan analisis deskriptif pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yaitu kelas XI AK 1 dengan nilai pretest rata-rata 63.81 dan posttest dengan nilai rata-rata 84.27 sehingga terdapat perbedaan sebesar 20.46. Sedangkan kelas kontrol yaitu kelas XI RPL didapat nilai pretest dengan rata-rata 63.19 dan posttest dengan nilai rata-rata 77.62 sehingga terdapat perbedaan 14.43. Kemudian dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas didapat bahwa sampel iii berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan sama, kemudian dilakukan uji hipotesis dan diperoleh Thitung = 2.246 > Ttabel = 0,002 dan nilai Sig (2-Tailed) = 0.029. karena Sig < yaitu 0.001 < 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode Pictorial Riddle berbantuan media Powerpoint terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Kata kunci : Metode, Pictorial Riddle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:34
Last Modified: 06 Jun 2024 09:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33527

Actions (login required)

View Item View Item