TERAPI BEHAVIORAL TERHADAP ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI DI YAYASAN PENDIDIKAN TERPADU MATA HATI ENGGAL KOTA BANDAR LAMPUNG

Eva, Wijayanti (2024) TERAPI BEHAVIORAL TERHADAP ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI DI YAYASAN PENDIDIKAN TERPADU MATA HATI ENGGAL KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK EVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan pertumbuhan manusia tentu kebutuhannya akan berbeda, terutama anak berkebutuhan khusus, salah satunya anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah anak yang mengalami gangguan sifat tertentu sehingga sulit memusatkan konsentrasinya dan cenderung hiperkinetik (aktif dalam kegiatan). Cara berfikir anak ADHD berbeda dengan anak normal, anak normal akan memberikan perhatian dan menurut dengan kontrol orang lain yang sesuai dengan hatinya. Sedangkan anak hiperaktif selalu tidak dapat dikontrol sama sekali. Sehubungan dengan hal di atas, yang dirumuskan dalam masalah yaitu bagaimana pelaksanaan terapi behavioral terhadap anak ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi di Yayasan Pendidikan Terpadu Mata Hati Enggal Kota Bandar Lampung dan bertujuan untuk mengetahui teknik yang digunakan dalam terapi behavioral anak ADHD. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan mendasar dengan mengangkat data-data yang terdapat di Yayasan Pendidikan Terpadu Mata Hati Enggal Kota Bandar Lampung. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya sesuai dengan objek penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 1 psikolog, 4 terapis, dan 4 orang anak ADHD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan metode kesimpulan akhir. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan bahwa terapis menggunakan teknik terapi behavioral yang berfokus pada perubahan tingkah laku. Pelaksanaan terapi behavioral dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD di Yayasan Pendidikan Terpadu Mata Hati Enggal Kota Bandar Lampung adalah melalui tahapan assesment, menetapkan tujuan (goal setting), implementasi teknik, dan evaluasi. Dengan proses-proses inilah terapis meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Kata Kunci : Terapi Behavioral, ADHD, Konsentrasi. ABSTRACT As humans grow, of course their needs will be different, especially children with special needs, one of which is children with ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) who are children who experience certain disorders that make it difficult to concentrate and tend to be hyperkinetic (active in activities). The way of thinking of ADHD children is different from normal children. Normal children will pay attention and comply with other people's control according to their hearts. Meanwhile, hyperactive children always cannot be controlled at all. In connection with the above, the problem formulated is how to implement behavioral therapy for children with ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) in improving concentration abilities at the Mata Hati Enggal Integrated Education Foundation, Bandar Lampung City and aims to find out the techniques used in behavioral therapy for children with ADHD . This research uses field research, namely research carried out systematically and fundamentally by lifting data contained in the Mata Hati Enggal Integrated Education Foundation, Bandar Lampung City. This research is descriptive in nature, namely describing the actual situation according to the research object. The data sources used were primary data and secondary data, totaling 9 people consisting of 1 psychologist, 4 therapists, and 4 ADHD children. Data collection techniques in this research used interview, observation and documentation techniques. The data analysis technique uses the final conclusion method. From the results of this research, the author found that therapists used behavioral therapy techniques that focused on changing behavior. The implementation of behavioral therapy in improving the concentration abilities of ADHD children at the Mata Hati Enggal Integrated Education Foundation, Bandar Lampung City is through the stages of assessment, goal setting, technique implementation, and evaluation. It is with these processes that therapists improve the concentration ability of children with ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Keywords: Behavioral Therapy, ADHD, Concentration.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:14
Last Modified: 06 Jun 2024 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33517

Actions (login required)

View Item View Item