PENGARUH PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING DALAM PERPESKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

RISQI, AMALIA (2024) PENGARUH PAJAK, KEPEMILIKAN ASING, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING DALAM PERPESKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RISKIAMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi ini menyebabkan perekonomian berkembang tanpa batas, bahkan negara bukan lagi menjadi batasan. Masalah-masalah baru akan muncul yang harus siap dihadapi. Salah satunya perusahaan multinasional akan menghadapi masalah perbedaan tarif pajak yang berlaku disetiap negara. Dengan adanya perbedaan tarif pajak ini membuat perusahaan multinasional mengambil keputusan untuk melakukan Transfer pricing. Tidak selesai pada satu permasalahan, dengan adanya transfer pricing menimbulkan permasalahan yang sampai saat ini sering terjadi, diantaranya masalah pajak, dan masalah internal manajemen, serta masih banyak masalah lain yang berhubungan dengan adanya transfer pricing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa financial statement dengan teknik pengumpulan data pada situs resmi www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022, dengan jumlah populasinya sebesar 37 perusahaan dan sampel penelitian ini sebanyak 6 perusahaan serta 24 data penelitian selama periode 2019-2022 dengan menggunakan metode penarikan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi data panel dengan bantuan program e-views ver 12. Hasil dari penelitian ini adalah Pajak, Kepemilikan Asing dan Tunneling Incentive memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing dalam perspektif ekonomi islam pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019- 2022. Transfer Pricing boleh dilakukan jika berdasarkan prinsip kewajaran arm’s length sudah dilakukan pengujian dan menyatakan hasilnya wajar maka boleh dilakukan transfer pricing, karena masih dalam kategori wajar dan adil yaitu tidak merugikan banyak pihak didalam islam masih diperbolehkan untuk melakukan transaksi transfer pricing tersebut. Kata kunci: Pajak, Kepemilikan Asing, Tunneling Incentive, Transfer Pricing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:43
Last Modified: 04 Jun 2024 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33507

Actions (login required)

View Item View Item