TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP TANGGUNG JAWAB RISIKO DALAM JUAL BELI SAPI DENGAN SISTEM PERANTARA (Studi Di Desa Sumberagung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur)

VIOLENITA, ARYATI (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP TANGGUNG JAWAB RISIKO DALAM JUAL BELI SAPI DENGAN SISTEM PERANTARA (Studi Di Desa Sumberagung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK VIOLENITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan salah satu bentuk muā„malah yang dalam suatu transaksinya terdapat sebuah kesepakatan perjanjian. Seperti halnya yang dilakukan beberapa masyarakat yang ada di Desa Sumberagung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur, masyarakat di desa tersebut sering melakukan praktik jual beli sapi dengan sistem perantara, dan yang terlibat dalam jual beli tersebut adalah para perantara, penjual sapi yang sapinya kerap diperjualbelikan dengan perantara, dan para pembeli yang kerap membeli sapi dengan perantara. Dalam jual beli sapi ini melihat pihak yang bertanggung jawab atas risiko dari kesalahannya sendiri pasca penjualan dan bentuk manajemen risiko. Penelitian ini memuat rumusan masalah, yaitu : 1) Bagaimana penerapan tanggung jawab risiko berdasarkan asas perjanjian dalam transaksi jual beli sapi dengan sistem perantara di Desa Sumberagung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur ? (2) Bagaimana penerapan tanggung jawab risiko dalam transaksi jual beli sapi dengan sistem perantara menurut Hukum Ekonomi Syariah? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Desa Sumberagung Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini dilakukan guna memperoleh data-data lapangan, serta melakukan wawancara dan dokumentasi pada objek penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data yang disusun, dideskripsikan, dianalisis, diinterpresentasikan, dan kemudian disimpulkan sesuai dengan kondisi yang terjadi pada saat ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam tanggung jawab risiko dalam jual beli sapi dengan sistem perantara menurut asas perjanjian jika dilihat dari praktiknya perantara dan penjual sudah melaksanakan tanggung jawab sebagaimana yang telah diatur dalam asas perjanjian dimana pihak yang terlibat harus bertanggungjawab atas kerugian yang disebabkan karena kelalaian dan kesalahannya sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan. Kemudian menurut hukum ekonomi syariah penerapan tanggung jawab risiko di dalam praktik tanggung jawab ini termasuk kedalam al-‘aqd al-damān dimana adanya kewajiban menanggung risiko atas barang dengan bentuk ganti rugi. selain itu adanya akad kafâlah yaitu bentuk jaminan yang diberikan oleh penanggung (kafil) kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung. . Kata Kunci: Hukum Ekonomi Syariah, Jual Beli Sapi, Perantara, Tanggung Jawab Risiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:30
Last Modified: 03 Jun 2024 08:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33496

Actions (login required)

View Item View Item