STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEGADAIAN SYARIAH RADEN INTAN LAMPUNG DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH

SULISTYA, WATI (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEGADAIAN SYARIAH RADEN INTAN LAMPUNG DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SULIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan serangkaian tujuan serta sasaran, kebijakan serta ketentuan yang berikan arah kepada usaha�usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu. Dalam pemasaran produk dipegadaian syariah, perusahaan tentu harus memahami apa yang dibutuhkan oleh nasabahnnya. Karena pada dasarnya nasabah menginginkan produk yang dapat digunakan dan memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari. Minat nasabah untuk menggunakan produk-produk di Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung pada tahun 2023 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pengetahuan masyarakat tentang keberadaan pegadaian syariah masih minim tetapi pertumbuhan pegadaian syariah menunjukkan peningkatan yang pesat, sehingga penulis ingin mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan oleh pegadaian syariah atas produknya sehingga tumbuh menjadi pesat dan dapat menarik minat nasabah dalam menggunakan jasa tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung dalam menarik minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung dalam menarik minat nasabah. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran produk yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung dalam menarik minat nasabah yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dengan 4P, antara lain strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), dan strategi promosi (promotion). Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk, Pegadaian Syariah.ABSTRACT A marketing strategy is a series of goals and objectives, policies and regulations that provide direction to a company's marketing efforts from time to time. In marketing products at sharia pawnshops, companies must of course understand what their customers need. Because basically customers want products that can be used and meet their daily life needs. Customer interest in using products at Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung in 2023 has increased from the previous year. Public knowledge about the existence of sharia pawnshops is still minimal but the growth of sharia pawnshops shows a rapid increase, so the author wants to know what marketing strategies sharia pawnshops use for their products so that they grow rapidly and can attract customers' interest in using these services. The problem formulation of this research is: how is the marketing strategy implemented by Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung to attract customer interest. This research aims to find out how the marketing strategy of Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung is implemented in attracting customer interest. This research is a type of qualitative research that is descriptive in nature. The data sources used in this research are primary data and secondary data. Data collection techniques include observation methods, documentation methods, and interview methods. Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the product marketing strategy carried out by Pegadaian Syariah Raden Intan Lampung in attracting customer interest is by implementing a marketing mix with 4P, including product strategy (product), price strategy (price), place strategy (place), and promotion strategy (promotion). Keywords: Marketing Strategy, Products, Sharia Pawnshop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:21
Last Modified: 03 Jun 2024 08:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33495

Actions (login required)

View Item View Item