MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MA HASANUDDIN TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG

ELIZA, AGUSTINA (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MA HASANUDDIN TELUK BETUNG KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELIZA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penerapan manajemen peserta didik yang baik, menjadi proses yang utama dalam pencapaian keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan sangat bergantung kepada manajemen peserta didik dan komponen - komponen pendukungnya. Manajemen peserta didik tidak hanya berhubungan dengan data peserta didik, melainkan dengan adanya aspek lain yang mendukung untuk membantu mengembangkan keterampilan peserta didik. Dalam manajemen peserta didik di MA Hasanuddin Teiluk Beitung Kota Bandar Lampung didapatkan gambaran teintang peilaksanaan manajeimein peiseirta didik sudah beirjalan deingan baik hanya dalam koimpoinein tahap peimbinaan peiseirta didik yang beilum beirjalan deingan baik. Hal ini di latar belakangi oleh kurangnya minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dan intrakulikuler, yang merupakan salah satu bekal peserta didik di masa mendatang. Lampung Tengah. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen peserta didik di MA Hasanuddin Teiluk Beitung Kota Bandar Lampung yang meliputi beberapa indicator antara lain : Analisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peiseirta didik, oirieintasi peiseirta didik, peingeiloimpoikkan peiseirta didik dan peimbinaan peiseirta didik. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data dengan cara menggambarkan data yang telah dikumpulkan sesuai keadaan, dengan subyek penelitian Kepala Madrasah, Guru Fiqih sekaligus ali kelas di MA Hasanuddin Teiluk Beitung Kota Bandar Lampung. Dimana peneliti ini memperoleh data dengan menggunakan metode observasi, wawancara sebagai metode pokok, dan dokumentasi sebagai metode pendukung, guna untuk melengkapi data-data. Dalam analisis data juga peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan selama dua minggu di MA Hasanuddin Teiluk Beitung Kota Bandar Lampung. Diperoleh hasil bahwa telah terlaksana dengan baik, terlihat dari beberapa indikator mengenai manajemen peserta didik yakni analisis kebutuhan peserta didik (rasio penerimaan jumlah peserta didik), rekruitment peserta didik (pembentukan panitia, pembuatan dan pemasangan informasi pendaftaran), orientasi peserta didik baru (MATSAMA), pengelompokan peserta didik(pembagian kelas ), pembinaan dan pengembangan peserta didik (pengembangan disiplin peserta didik, kegiatan ekstrakurikuler, bimbingan konseling dan layanan khusus), Kata Kunci : Manejemen peserta didik iv ABSTRAC The problem in this research is that the implementation of good student management is the main process in achieving success in the administration of educational institutions, which is very dependent on student management and its supporting components. Student management is not only related to student data, but also to other supporting aspects to help develop student skills. In the management of students at MA Hasanuddin Teiluk Beitung, Bandar Lampung City, a picture was found regarding the implementation of student management which was already going well, only in the context of the student development stage which was not yet going well. This is motivated by the lack of interest of students in taking part in extracurricular and intracurricular activities, which is one of the provisions for students in the future. Central Lampung. This research aims to find out how students are managed at MA Hasanuddin Teiluk Beitung, Bandar Lampung City, which includes several indicators, including: Analysis of student needs, student recruitment, student orientation, student development and student guidance. This research uses descriptive qualitative, namely analyzing data by describing the data that has been collected according to the circumstances, with the research subjects being the Head of Madrasah, Fiqh Teacher and class teacher at MA Hasanuddin Teiluk Beitung, Bandar Lampung City. Where this researcher obtained data using the observation method, interviews as the main method, and documentation as a supporting method, in order to complete the data. In data analysis, researchers also use data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the analysis and discussions that researchers conducted for two weeks at MA Hasanuddin Teiluk Beitung, Bandar Lampung City. The results obtained show that it has been implemented well, as can be seen from several indicators regarding student management, namely analysis of student needs (ratio of acceptance of number of students), student recruitment (formation of a committee, creation and posting of registration information), orientation of new students (MATSAMA) , grouping of students (class division), guidance and development of students (development of student discipline, extracurricular activities, counseling guidance and special services) Keywords: Student management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:36
Last Modified: 03 Jun 2024 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33491

Actions (login required)

View Item View Item