TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI GULA AREN BERBAHAN BAKU CAMPURAN (Studi Di Pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat)

KIKI, MULYANI (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI GULA AREN BERBAHAN BAKU CAMPURAN (Studi Di Pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KIKI MULYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli yang baik adalah yang didalamnya terdapat kejujuran, benar, dan tidak mendurhakahi allah. untuk mencapai jual beli yang seperti itu, terdapat unsur unsur yang harus dipenuhi yaitu berupa syarat-syarat dan rukun jual beli itu sendiri. Dalam hukum islam mempunyai prinsip-prinsip yang dirumuskan bahwa pada dasarnya segala bentuk muamalah adalah mubah kecuali sudah ditentukan oleh al-qur’an dan sunnah. Pada masa kini, banyak sekali strategi bisnis yang di gunakan oleh masyarakat demi tetap mendapatkan keuntungan contohnya mencampur bahan pokok yang akan digunakan dengan bahan campuran lainnya. seperti yang terjadi di pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Dimana pealaksanaan jual beli gula aren yang sebelumnya telah di campur dengan tepung sagu menimbulkan ketidak jelasan kualitas dari barang yang dijual belikan maka hal tersebut bertentangan dengan syarat jual beli yang di syariatkan dalam slam karna menimbulkan kerugian kepada salah satu pihak yakni pembeli. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik jual beli gula aren yang berbahan baku campuran di Pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat dan Bagaimna Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Gula Aren yang berbahan baku campuran di Pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli gula aren berbahan baku campuran di Pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap prakrik jual beli gula aren berbahan baku campuran di Pasar Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah peneitian lapangan (field research) bersifat deskriptif analisis kualitatif. Data penelitian yang berhubungan dengan jual beli ini di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam pembahasan ini menggunakan metode pola berpikir induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan jual beli gula aren berbahan baku campuran yang dilakukan penjual dengan tidak menyertakan kejelasan tentang bahan yang ia gunakan sebagai bahan iv produksi kepada pembeli. Adapun dalam Hukum Islam pelaksanaan jual beli gula aren berbahan baku campuran tepung sagu tidaklah memenuhi syarat sesuai dalam Hukum Islam, karena ketidak jujuran penjual terhadap barang atau samarnya barang yang diperjual belikan. Ketidak jujuran tersebut terdapat unsur penipuan yang dilakukan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli, sehingga menyebabkan jual beli tersebut tidak sah. Kata kunci : Jual Beli, Bahan Campuran, Tinjauan Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:51
Last Modified: 03 Jun 2024 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33483

Actions (login required)

View Item View Item