IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA KETERAMPILAN PESERTA DIDIK ERA SOCIETY 5.0 DI KELAS IV ALI BIN ABI THALIB SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG

NURUL, AINI (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA KETERAMPILAN PESERTA DIDIK ERA SOCIETY 5.0 DI KELAS IV ALI BIN ABI THALIB SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran yang beragam. Kurikulum ini berfokus pada konten�konten yang esensial agar peserta didik memiliki waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum merdeka adalah bentuk kurikulum yang dikembangkan oleh kemendikbud ristek sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran. Kurikulum merdeka merupakan bentuk ril implikasi kebijakan merdeka belajar, kebijakan strategi untuk melakukan perubahan paradigma pendidikan. Society 5.0 merupakan suatu era yang menawarkan kehidupan seimbang antara masyarakat dan teknologi. Era society 5.0 pendidikan diharuskan dapat beradaptasi secara cepat dan matang terhadap digitalisasi sistem, terdapat tiga pokok subtansi terkait proyeksi kurikulum pendidikan pada era society 5.0 yaitu pendidikan karakter, kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran.era society menempatkan manusia sebagai komponen utamanya dan mempersyaratkan tiga kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu yaitu berpikir kritis (critical thinking), berpikir kreatif (creative thinking), kolaborasi dan komunikasi (collaboration and communication). Keterampilan peserta didik era society 5.0 merupakan keterampilan yang paling berkompeten untuk dimiliki peserta didik agar mampu bertahan di era sekarang. Keterampilan ini meliputi critical thinking atau berpikir kritis yaitu kemampuan dalam berpikir kritis atau menganalisis, creativity thingking atau kreativitas yaitu kemampuan berpikir atau menyampaikan ide, pendapat, atau gagasan yang baru, menarik, dan bervariasi, serta communication atau komunikasi yaitu kemampuan dalam menyampaikan suatu hal dengan volume suara yang kuat, intonasi yang sesuai, dan artikulasi yang jelas, kemudian collaboration atau kolaborasi yaitu kemampuan melakukan sinergi dalam bentuk kerjasama. Keterampilan ini dikenal dengan keterampilan 3C. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bersumber pada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi seperti foto dan video yang dilakukan peneliti di lapangan (sekolah/kelas) perihal implementasi kurikulum merdeka iii pada keterampilan peserta didik era society 5.0. Data sekunder dalam penelitian ini berupa buku, ebook, dan jurnal mengenai kurikulum merdeka dan keterampilan peserta didik era society 5.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kurikulum merdeka terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implementasi atau penerapan kurikulum merdeka belum terlaksana dengan optimal, sehingga belum mampu mengoptimalkan keterampilan peserta didik berupa berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi dan komunikasi. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Era Society 5.0, Keterampilan Peserta Didik Era Society 5.0. iv ABSTRACT The independent curriculum is a curriculum with diverse learning. It focuses on essential content so that learners have time to explore concepts and strengthen competencies. The independent curriculum is a form of curriculum developed by the Ministry of Education, Culture and Research as an important part of efforts to restore learning. The independent curriculum is a form of realization of the implications of the independent learning policy, a strategic policy to make a paradigm shift in education. Society 5.0 is an era that offers a balanced life between society and technology. The era of society 5.0 education is required to be able to adapt quickly and maturely to the digitalization of the system, there are three main substances related to the projection of the education curriculum in the era of society 5.0, namely character education, the ability to think critically, creatively, innovatively, and the ability to apply technology in learning. The era of society places humans as its main component and requires three main abilities that each individual needs to have, namely critical thinking, creative thinking, collaboration and communication. The skills of learners in the era of society 5.0 are the most competent skills for students to have in order to survive in the current era. These skills include critical thinking, which is the ability to think critically or analyze, creativity, which is the ability to think or convey ideas, opinions, or ideas that are new, interesting, and varied, and communication, which is the ability to convey something with a strong voice volume, appropriate intonation, and clear articulation, then collaboration, which is the ability to synergize in the form of cooperation. These skills are known as the 3C skills. This research uses qualitative research methods with the approach used in this research is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of interviews, observation, and documentation. This research is based on primary data and secondary data. Primary data in this study are in the form of interview results, observation results, and documentation such as photos and videos taken by researchers in the field (schools/classes) regarding the implementation of an independent curriculum on the skills of students in the era of society 5.0. Secondary data in this study are books, ebooks, and journals regarding the independent curriculum and the skills of students in the era of society 5.0 v The results showed that the implementation of the independent curriculum consisted of planning, implementation, and evaluation stages. The implementation or application of an independent curriculum has not been carried out optimally, so that it has not been able to optimize students skill in the form of critical thinking, creative thinking, collaboration and communication. Keywords: Independent Curriculum, Era Society 5.0, Skills Of Leaners Era Society 5.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:10
Last Modified: 03 Jun 2024 05:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33477

Actions (login required)

View Item View Item