PERANAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENANGGULANGI AKSI PENGATUR JALAN ILEGAL DAERAH ANTASARI KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF SIYA<SAH TANFIZ|IYAH SYARI’YYAH (Studi di Markas Komando Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Lampung)

ZULKIFLI, HAPID (2024) PERANAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM MENANGGULANGI AKSI PENGATUR JALAN ILEGAL DAERAH ANTASARI KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF SIYA<SAH TANFIZ|IYAH SYARI’YYAH (Studi di Markas Komando Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ZULKIFLI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Satuan Polisi Pamong Praja atau sering disingkat Satpol-PP Merupakan salah satu aparat penegak hukum bagian Peraturan Daerah yang berada dibawah Gubernur/Walikota yang bertugas untuk menegakkan Peraturan Daerah dan menyelenggarakan ketentraman masyarakat dan ketertiban umum. Dengan tujuan agar masyarakat menjadi lebih tentram dan juga tertib. Menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat biasanya sering dilakukan dilingkungan jalanan. Hal ini dikarenakan cukup banyak para pengatur jalan yang tidak ada izin khususnya para Pengatur Jalan Ilegal (Pak Ogah) yang ada disetiap arus putar balik jalan daerah Antasari Kota Bandar Lampung. Adapun permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana peranan Satuan Polisi Pamong Praja dalam menanggulangi aksi Pengatur Jalan Ilegal (Pak Ogah) Daerah Antasari Bandar Lampung dan bagaimana peranan Satuan Polisi Pamong Praja dalam menanggulangi aksi Pengatur Jalan Ilegal (Pak Ogah) Daerah Antasari Bandar Lampung perspektif siya>sah tanfiz\iyah syari’yyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Satuan Polisi Pamong Praja dalam menanggulangi aksi Pengatur Jalan Ilegal (Pak Ogah) Daerah Antasari Bandar Lampung perspektif siya>sah tanfiz\iyah syari’yyah. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya deskriptif analisis. Penelitian ini juga berupa penelitian lapangan dilakukan dengan mengkaji data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Hasil dari penelitian ini memberikan jawaban bahwa Peranan Satuan Polisi Pamong Praja dalam menjalankan peran dan tugasnya berdasarakan Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 03 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat khususnya pada Pasal 11 Ayat (3) bahwa, Setiap orang yang tidak memiliki kewenangan di bidang lalu lintas dilarang, a.) Melakukan pengaturan jalan lalu lintas pada persimpangan jalan, tikungan, atau putaran jalan dengan maksud mendapatkan imbalan jasa. Sudah sangat sesuai dengan peraturan tersebut. Meskipun terdapat beberapa hal yang menjadi penghambat dalam menjalankan tugasnya, Satpol PP tetap berusaha untuk menjalankan amanah yang telah diberikan oleh pimpinannya. Satpol PP melakukan hal tersebut agar keadaan jalan disetiap arus putar balik Antasari Kota Badar Lampung terlihat lebih tertib, lancar, dan teratur. Karena mereka menjalankan tugas sebagaimana mestinya atas perintah oleh Ulil Amri (pemimpin) untuk menertibkan Pengatur Jalan Ilegal (Pak Ogah). Kata Kunci : Pengatur jalan ilegal, Siya>sah tanfiz\iyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:36
Last Modified: 03 Jun 2024 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33475

Actions (login required)

View Item View Item