ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS V AL FARUQ MI AL FAJAR PRINGSEWU

Riska, Tamara Amalia (2024) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS V AL FARUQ MI AL FAJAR PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA Cover Bab 1&2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISKA CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai matematika siswa karena siswa mengalami kesulitan belajar matematika hal ini disebabkan karena belum adanya penyesuaian antara metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “bagaimana perbedaan kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar dan apa faktor penyebab kesulitan belajar matematika ditinjau dari gaya belajar ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah study kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Al Faruq yang berjumlah 35 siswa. Kemudian dipilih 8 siswa untuk diwawancara lebih dalam mengenai faktor kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan tinggi dan rendah pada masing masing gaya belajar menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dari hasil angket gaya belajar siswa, tes kesulitan belajar matematika siswa serta wawancara secara langsung tentang kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar dari masing-masing siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar visual kemampuan tinggi memiliki kesulitan belajar matematika yaitu kelemahan dalam menghitung, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual kemampuan rendah memiliki kesulitan belajar matematika yaitu pemahaman bahasa matematika yang kurang, kelemahan dalam menghitung, dan kesulitan dalam presepsi visual. Siswa dengan gaya belajar auditori kemampuan tinggi memiliki kesulitan belajar 3 matematika yaitu kelemahan dalam menghitung dan kesulitan dalam presepsi visual, sedangkan siswadengan gaya belajar auditori kemampuan rendah memiliki kesulitan belajar matematika yaitu pemahaman bahasa matematika yang kurang, kesulitan mentransfer pengetahuan, kelemahan dalam menghitung, dan kesulitan dalam presepsi visual. Selanjutnya siswa dengan gaya belajar read-write kemampuan tinggi memiliki kesulitan belajar matematika yaitu kelemahan dalam menghitung, sedangkan siswa dengan gaya belajar read-write kemampuan rendah memiliki kesulitan belajar matematika yaitu kelemahan dalam menghitung, kesulitan mentransfer pengetahuan, dan kesulitan dalam presepsi visual. Kemudian siswa dengan gaya belajar kinestik kemampuan tinggi memiliki kesulitan belajar matematika yaitu kelemahan dalam menghitung dan kesulitan dalam presepsi visual, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestik kemampuan rendah memiliki kesulitan belajar matematika yaitu kelemahan dalam menghitung dan kesulitan mentransfer pengetahuan. Faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa terdiri dari 4 faktor yaitu faktor fisik, faktor emosional, faktor sosiologis, dan faktor lingkungan. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Gaya Belajar. 4 ABSTRACT This research was motivated by the low mathematics scores of students because students had difficulty learning mathematics, this was due to the lack of adjustment between learning methods and students' different learning styles. The formulation of the problem of this research is "how are the differences in students' mathematics learning difficulties in terms of learning styles and what factors cause mathematics learning difficulties in terms of learning styles". The aim of this research is to determine the factors that cause difficulties in learning mathematics in terms of students' learning styles. This type of research is a case study with a qualitative approach. The subjects in this research were 35 students of class V Al Faruq. Then 8 students were selected to be interviewed in more depth regarding the factors of students' mathematics learning difficulties in terms of learning styles consisting of 2 students with high and low abilities in each learning style using purposive sampling techniques. This research was conducted from the results of a student learning style questionnaire, a test of students' mathematics learning difficulties as well as direct interviews about each student's learning difficulties and the factors causing learning difficulties. The data analysis techniques used in this research are data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results of the research show that students with a high ability visual learning style have difficulties learning mathematics, namely weaknesses in calculating, while students with a low ability visual learning style have difficulties learning mathematics, namely poor understanding of mathematical language, weaknesses in calculating, and difficulties in visual perception. Students with a high ability auditory learning style have difficulties learning mathematics, namely weaknesses in calculating and difficulties in visual perception, while students with a low ability auditory learning style have difficulties learning mathematics, namely poor understanding of mathematical language, difficulty transferring knowledge, weaknesses in calculating, and difficulties in visual perception. Furthermore, students with a high ability read-write learning style have difficulties learning 5 mathematics, namely weaknesses in calculating, while students with a low ability read-write learning style have difficulties learning mathematics, namely weaknesses in calculating, difficulties transferring knowledge, and difficulties in visual perception. Then students with a high ability kinestic learning style have difficulties learning mathematics, namely weaknesses in calculating and difficulties in visual perception, while students with a low ability kinestic learning style have difficulties learning mathematics, namely weaknesses in calculating and difficulty transferring knowledge. The factors that cause students' mathematics learning difficulties consist of 4 factors, namely physical factors, emotional factors, sociological factors and environmental factors. Keywords: Mathematics Learning Difficulties, Learning Style.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2024 04:04
Last Modified: 31 May 2024 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33450

Actions (login required)

View Item View Item