TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (Studi di KUA Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat)

MELI, DIANA (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK TAUKIL WALI DALAM AKAD NIKAH (Studi di KUA Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of MELI SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan dapat dilangsungkan jika sudah memenuhi rukun dan syarat yang telah ditetapkan, salah satunya wali nikah. Berbicara mengenai masalah wali nikah secara umum dianggap mudah, tetapi yang terjadi dalam realitanya banyak terjadi permasalahan mengenai perwalian, seperti halnya mengenai pelimpahan perwalian ketika wali nasabnya masih ada. Kemudian hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk mengangkat judul penelitian mengenai taukil wali, Oleh sebab itu perlu adanya rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana praktik taukil wali dalam akad nikah yang terjadi di KUA kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat?. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik taukil wali dalam akad nikah yang terjadi di KUA kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat?. Tujuan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui praktik taukil wali dalam akad nikah yang terjadi di KUA kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. 2) tinjauan hukum Islam terhadap praktik taukil wali dalam akad nikah yang terjadi di KUA kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang memperoleh data langsung di lapangan, tepatnya untuk penelitian ini dilakukan di KUA Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang bersifat deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang diambil berjumlah 18 orang dari populasi yang berjumlah 183 orang, sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan informan, sedangkan sumber data sekunder didapat dari buku, Koran, majalah, media social, jurnal dan lainny. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan, dapat dikatakan bahwa praktik taukil wali ini memang ada dan terjadi di KUA Kenali Kecaatan Belalau Kabupaten Lampung Barat, tetapi kasusnya tidak sebanyak di daerah lain yang menjadikan taukil wali ini kebiasaan. Alasan dilakukannya praktik taukil wali di KUA Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat disebabkan karena wali nasab kurangnya pengetahuan tentang wali nikah dan juga dikarenakan wali nasab gugup atau tebawa emosi sehingga dia tidak sanggup untuk mengucapkan ijab untuk akad nikah wanita yang berada di bawah dan sudah menjadi tradisi atau kebiasaan masyarakat setempat dalam menikahkan anaknya menggunakan wali dari KUA. Tinjauan hukum Islam terhadap praktik Taukil wali yang dilakukan di KUA Kenali yaitu jaiz (boleh) seperti halnya hukum asal wakalah, Sesuai dengan pendapat ahli ilmu fiqh mazhab Syafi`i dan mahzab Hanafi, Mahzab Hanbali. Kata Kunci : Perkawinan, Taukil Wali, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 07:15
Last Modified: 30 May 2024 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33440

Actions (login required)

View Item View Item