TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Studi Di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara)

EKA, PUTRA JAYA (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Studi Di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK EKA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya mengembangkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, prilaku, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan keijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa. Pemerintah desa dalam hal ini Desa Peraduan Waras memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya sesuai dengan Pasal 6 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : Bagaimana implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara ? Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (field research) dengan menggunakan data analisis kualitatif yang sifatnya hanya menggambarkan serta menjabarkan temuan di lapangan tanpa memerlukan hipotesis, sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. data primer diperoleh melalui interview terhadap informan yang mengetahui persoalan dipenelitian ini, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil pada penelitian ini adalah sudah berjalan secara maksimal pemberdayaan masyarakat desa sesuai dengan Pasal 6 Peraturan Daerah Lampung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemerintah Desa Peraduan Waras selalu aktif mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat mulai dari petani, pemuda, perempuan, dan kelompok-kelompok lain yang ada di Desa Peraduan Waras. Tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Peraduan Waras sudah sesuai dengan prinsip-prinsip yang sejalan dengan nilai-nilai fiqh siyasah yaitu melalui pendekatan fiqh siyasah tanfidziyyah syar’iyyah. Hal ini dibuktikan dengan adanya kemaslahatan, kemandirian, meningkatnya keterampilan, kemampuan, dan kesadaran seluruh masyarakat desa, mulai dari petani, pemuda, masyarakat kurang mampu, dan kelompok-kelompok lain yang ada di desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 07:12
Last Modified: 30 May 2024 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33439

Actions (login required)

View Item View Item