HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN SKINCARE DI MARKETPLACE PADA REMAJA

Alia, Anggraeni (2024) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN SKINCARE DI MARKETPLACE PADA REMAJA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ALIA ANGGRAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN SKINCARE DI MARKETPLACE PADA REMAJA Oleh : Alia Anggraeni Perkembangan teknologi memudahkan pembelian secara online sehingga akan memengaruhi pola konsumsi individu. Kemudahan berbelanja online dapat menyebabkan pembelian secara impulsif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif pembelian skincare di marketplace pada remaja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang disusun dengan skala likert dengan tiga alat ukur yaitu, Perilaku Konsumtif (α = 0.983), Harga Diri (α= 0.986), dan Konformitas Teman Sebaya (α = 0.988). Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan subjek yang berjumlah 253 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis penelitian pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi = 0.493 dan signifikansi 0.001 (p < .001) dengan sumbangan efektif sebesar 24,3%. Hasil analisis kedua terdapat hubungan yang signifikan antaran harga diri dengan perilaku konsumtif dengan nilai korelasi = 0.440 dan signifikansi 0.001 (p < .001) dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%. Hasil analisis kedua terdapat hubungan yang signifikan antaran konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif dengan nilai korelasi 0.258 dan signifikansi 0.001 (p < .001) dengan sumbangan efektif sebesar 5,7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima dengan asumsi semakin tinggi harga diri dan konformitas teman sebaya, maka semakin tinggi pula tingkat perilaku konsumtif pada remaja. Kata Kunci : Harga Diri, Konforitas Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif. ABSTRACT HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN SKINCARE DI MARKETPLACE PADA REMAJA Oleh : Alia Anggraeni Technological developments make it easier to purchase online so that it will influence individual consumption patterns. The ease of online shopping can lead to impulse purchases. This research was conducted to determine the relationship between self-esteem and peer conformity and consumer behavior in purchasing skincare on the marketplace among teenagers. This type of research is quantitative research prepared using a Likert scale with three measuring instruments, namely, Consumptive Behavior (α = 0.983), Self-Esteem (α = 0.986), and Peer Conformity (α = 0.988). The sampling technique used was purposive sampling with 253 subjects. The data analysis techniques used are multiple regression analysis techniques and product moment correlation analysis techniques. The results of the first research analysis show that there is a significant relationship between self-esteem and peer conformity and consumer behavior. This can be seen from the correlation coefficient = 0.493 and significance 0.001 (p < .001) with an effective contribution of 24.3%. The results of the second analysis showed a significant relationship between self-esteem and consumer behavior with a correlation value = 0.440 and a significance of 0.001 (p < .001) with an effective contribution of 18.6%. The results of the second analysis showed a significant relationship between peer conformity and consumer behavior with a correlation value of 0.258 and a significance of 0.001 (p < .001) with an effective contribution of 5.7%. From these results it can be concluded that the hypothesis in this study can be accepted with the assumption that the higher the self�esteem and conformity of peers, the higher the level of consumer behavior in adolescents. Keywords : Conformity, Consumptive Behaviour, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 04:49
Last Modified: 30 May 2024 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33432

Actions (login required)

View Item View Item