TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PASANGAN YANG MENIKAH MENGGUNAKAN PINJAMAN BANK (Studi Pada Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan)

GILANG, RAMADHAN (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PASANGAN YANG MENIKAH MENGGUNAKAN PINJAMAN BANK (Studi Pada Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK GILANG RAMADAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pernikahan juga dapat menimbulkan sebuah percerain jika ada sebab konflik lain, seperti proses pernikahan atau walimatul „urs yang digunakan melalui peminjaman bank, yang dimana walimatul „urs adalah uang persiapan untuk pihak calon perempuan yang diberikan dari pihak laki-laki dalam proses pertunangan sebelum walimah. Fenomena yang terjadi di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan yaitu adanya suami meminjam uang ke bank untuk biaya pernikahan dan resepsi dia dan istrinya, disini suami istri keluarganya, terkait dia yang meminjam uang ke bank untuk biaya pernikahan resepsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keharmonisan rumah tangga pasangan yang menikah menggunakan pinjaman bank dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga pasangan yang menikah menggunakan pinjaman bank di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keharmonisan rumah tangga dan tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan rumah tangga pasangan yang menikah menggunakan pinjaman bank di Desa Purwodadi Dalam Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini lapangan (field research) bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan selanjutnya ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Purwodadi Dalam mengadakan walimatul „urs adalah baik tujuannya baik, akan tetapi dampak yang diakibatkan sangat merugikan masyarakat dan keharmonisan rumah tangganya. Hal ini dapat dilihat dari dampak sosial yang diakibatkan oleh Pasangan yang baru menikah sibuk memikirkan hutang, kecemburuan sosial, anak putus sekolah dan mengganggu ketentraman masyarakat dengan hiburan yang diadakan hingga tengah malam. Dengan kata lain pelaksanaan acara pernikahan di Desa Purwodadi Dalam hanya merupakan pemborosan semata dan tergolong kepada sifat yang mubazir karena di laksanakan dengan meriah tanpa memperhatikan situasi dan kondisi ekonomi dan sosial. Sedangkan, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Dari Pasangan Yang Menikah Menggunakan Uang Dari Pinjaman Bank Di Desa Purwodadi Dalam Hukumnya adalah Makruh Tanzih, karena di dalam Islam diajarkan untuk sederhana dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam melaksanakan walimatul „urs, Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW, dapat dilaksanakan dengan jauh dari sifat pemborosan dan kesia-siaan. Kata Kunci : Pernikahan, Walimatul „Urs, Keharmonisan Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 04:04
Last Modified: 30 May 2024 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33423

Actions (login required)

View Item View Item