TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM NEUROPRICING (Studi di Toko Enggano Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu)

CINDY, MERIAM DWI LENTERA (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PRAKTIK JUAL BELI DENGAN SISTEM NEUROPRICING (Studi di Toko Enggano Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI CINDY MERIAM DWI LENTERA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Toko busana enggano baturaja didirikan pada tahun 1992, berada di Jl. Pahlawan kemarung kelurahan pasar baru kecamatan baturaja timur dengan kode pos 32116, toko enggano baturaja ini merupakan toko pertama yang memiliki segala jenis barang mulai dari pakaian, sepatu, tas, handuk, dompet dan dari beragam ukuran, model, bentuk, warna, usia, serta untuk segala gender dengan sistem neuropricing sebagai strategi pemasarannya dalam kegiatan jual beli. Sistem neuropricing yang diterapkan pada toko enggano baturaja ini adalah sistem serba murah, penetapan harga ganjil dan lain-lain dengan adanya label harga sehingga menarik minat pembeli. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana praktik jual beli dengan sistem neuropricing di toko enggano kecamatan baturaja timur kabupaten ogan komering ulu dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli dengan sistem neuropricing di toko enggano kecamatan baturaja timur kabupaten ogan komering ulu. adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik jual beli dengan sistem neuropricing di toko enggano kecamatan baturaja timur kabupaten ogan komering ulu dan untuk menjelaskan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik jual beli dengan sistem neuropricing (harga psikologis) di toko enggano kecamatan baturaja timur kabupaten ogan komering ulu. jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. metode pengumpulan data meliput observasi, wawancara, dan dokumentasi. metode pengolahan data yaitu editing dan sistematis data, kemudian data analisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan. praktik jual beli dengan sistem neuropricing yang dilakukan di toko enggano kecamatan baturaja timur kabupaten ogan komering ulu dilakukan secara langsung di toko dengan metode penetapan harga cost plus precentge of cost pricing, odd-even pricing, leader lining serta prestige pricing (premium pricing). dengan adanya sistem neuropricing yang diterapkan oleh toko sehingga menjaga eksistensi toko karena harga produk yang menarik dan sesuai dengan kualitas barangnya, metode pembayaran yang dapat dilakukan pada toko enggano adalah atm dan cash. menurut tinjauan hukum ekonomi syariah praktik jual beli dengan sistem neuropricing yang dilakukan di toko enggano kecamatan baturaja timur kabupaten ogan komering ulu belum sepenuhnya dilakukan sesuai dengan maqashid syariah karena adanya metode odd even pricing dan belum sesuai dengan etika bisnis karena ikut menerapkan sistem leader lining dalam pemasaran produknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2024 03:54
Last Modified: 03 Jun 2024 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33421

Actions (login required)

View Item View Item