PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN BAHAYA PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 WAY JEPARA

FRISKA, SELAVIO (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN BAHAYA PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 WAY JEPARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUSS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku bullying merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk mendominasi orang lain dengan menggunakan kekuatan fisik, verbal, relasional, dan cyberbullying secara berulang-ulang agar korban merasa tersakiti secara fisik maupun psikis. Perilaku ini seringkali tidak terlihat, muncul dari obrolan sehari-hari yang dibalut dengan candaan. Minimnya informasi perilaku bullying yang diberikan pihak sekolah terhadap layanan informasi tentang bullying serta dampak perilaku bullying. Sehingga perlunya layanan informasi untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman bahaya perilaku bullying yaitu dengan media vidio animasi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh layanan informasi menggunakan media vidio animasi terhadap pemahaman bahaya perilaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 2 Way Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Designe. Sampel penelitian ini sebanyak 9 peserta didik memiliki permasalahan tentang pemahaman bahaya perilaku bullying. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data pretest sebesar 539 dengan rata-rata atau mean 59,89 dan hasil skor post-test sebesar 908 dengan rata-rata atau mean 100,9 terdapat selisih antara skor pretest dan skor postest dengan nilai rata-rata 41,01. Hasil uji menggunakan Uji Wilcoxon didapatkan Zhitung dari sampel yang diambil dikelas IX.2 sebesar -2,670 maka terlihat perbandingan peningkatan pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi menggunakan media vidio animasi terhadap pemahaman bahaya perilaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 2 Way Jepara. Dan diketahui asymp.Sig (2-tailed) dengan nilai 0,008. Karena nilai 0,008 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diambil kesimpulan bahwa Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan antara hasil pretest dan post-test sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan informasi menggunakan media vidio animasi berpengaruh terhadap pemahaman bahaya perilaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 2 Way Jepara. Kata Kunci : Layanan Informasi, Media Vidio Animasi, Perilaku Bullying iv ABSTRACT Bullying behavior is an activity carried out by a person or group of people to dominate others by using physical, verbal, relational, and cyberbullying forces repeatedly so that victims feel hurt physically and psychologically. This behavior is often invisible, arising from everyday chatter wrapped in jokes. The lack of information on bullying behavior provided by the school to information services about bullying and the impact of bullying behavior. So the need for information services to increase knowledge and understanding of the dangers of bullying behavior , namely with animated video media. The purpose of this study was to see the effect of information services using animated video media on understanding the dangers of bullying behavior in students at SMP Negeri 2 Way Jepara. The method used in this study was Pre-experiment with One Group Pretest-Posttest Designe design. The sample of this study was 9 students who had problems understanding the dangers of bullying behavior. Data collection techniques using questionnaires, interviews, observations, documentation. Based on the results of pretest data processing of 539 with an average or mean of 59.89 and post-test score results of 908 with an average or mean of 100.9, there is a difference between the pretest score and the postest score with an average value of 41.01. The test results using the Wilcoxon Test were obtained Zcalculate from samples taken in class IX.2 of -2,670, so there was a comparison of increasing students' understanding before and after being given information services using animated video media to understand the dangers of bullying behavior in students at SMP Negeri 2 Way Jepara. And known asymp. Sig (2-tailed) with a value of 0.008. Because the value of 0.008 is less than 0.05, it can be concluded that Ha is accepted. Thus, there is a difference between pretest and post�test results so that it can be concluded that information services using animated video media affect the understanding of the dangers of bullying behavior in students at SMP Negeri 2 Way Jepara. Keywords : Information Services, Animated Video Media, Bullying Behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 07:00
Last Modified: 29 May 2024 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33413

Actions (login required)

View Item View Item