PENGEMBANGAN FILM ANIMASI MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA POKOK BAHASAN “PUASA DI BULAN RAMADHAN” UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Muhammad, Zubairi (2024) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI MENGGUNAKAN SWISHMAX PADA POKOK BAHASAN “PUASA DI BULAN RAMADHAN” UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ZUBAIRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Media yang digunakan di SMP AL AZHAR 1 Bandar Lampung dalam penyampaian pembelajaran PAI berupa LK (Lembar Kerja), buku PAI, dan belum menggunakan alternatif media lain khususnya media film animasi dlam PAI. Media film animasi dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran, media film animasi juga dapat memberikan pengalaman siswa menjadi lebih luas, lebih jelas dan tidak mudah dilupakan serta lebih konkrit dalam ingatan dan asosiasi siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini: Bagaimana pengembangan, kelayakan, respon dan efektivitas media film animasi untuk pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan Swishmax pada pokok bahasan puasa di bulan ramadhan pada siswa kelas VII?. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development Implementation, Evaluation) dengan 5 langkah dalam penelitian. Metodepengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan data pre-testdan post-test. Analisis statistik yang digunakan untuk menganalisa data pre-tes dan post-test adalah uji-T. Dari hasil penelitian dan Analisa data mengungkapkan bahwa 1) Proses mengembangkan media film animasi menggunakan Swishmax dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation; 2)Media dinyatakan layak oleh tim ahli desain atau media dengan perolehan persentase sebesar 88%, dan tim ahli dari segi materi sebesar 92%. Dari semua tim ahli desain dan materi sebesar 91, 75% dalam kategori ―Sangat Layak‖; 3) Hasil uji coba kelas kecil dan kelas dengan persentase kelayakan pada kelas kecil sebesar 93,65% dalam kategori sangat layak. Pada uji coba lapangan/kelas besar mendapatkan persentase kelayakan sebesar 90,6%. Kemudian jika dilihat nilai rata-rata nilai awal sebelum dan sesudah menggunakan Media film animasi menggunakan Swishmax pada pokok bahasan puasa di bulan ramadhan tidak sama yani rata-rata nilai pre-test (tes awal) peserta didik sebesar 48, dan rata-rata nilai post-test (tes akhir) sebesar 87 dengan nilai kemajuan peserta didik sebesar 38. Berdasarkan hasil tersebut Media film animasi menggunakan Swishmax pada pokok bahasan puasa di bulan ramadhan layak digunakan dalam pemeblajaran PAI pada siswa kelas VII SMP. Kata kunci: Media, Film Animasi, Pembelajaran PAI, Puasa Ramadhan iv ABSTRACT The media used at SMP AL AZHAR 1 Bandar Lampung in delivering PAI learning are in the form of LK (Worksheets), PAI books, and other alternative media have not been used, especially animated film media in PAI. Animated film media can help in achieving learning goals, animated film media can also make students' experiences broader, clearer and not easily forgotten and more concrete in students' memories and associations. The problem formulation in this research is: What is the development, feasibility, response and effectiveness of animated film media for learning Islamic religious education using Swishmax on the subject of fasting in the month of Ramadan for class VII students? This research is research and development (R&D) using the ADDIE Model (Analysis, Design, Development Implementation, Evaluation) with 5 steps in research. Data collection methods in this research used observation, interviews, questionnaires and pre-test and post-test data. The statistical analysis used to analyze pre-test and post-test data is the T-test. From the research results and data analysis, it is revealed that 1) The process of developing animated film media using Swishmax uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely: analysis, design, development, implementation, and evaluation; 2) The media was declared suitable by the design or media expert team with a percentage of 88%, and the expert team in terms of material was 92%. Of all the design and material expert teams, 91.75% were in the “Very Eligible” category; 3) Results of small class and class trials with a feasibility percentage in small classes of 93.65% in the very feasible category. In large field/class trials, the feasibility percentage was 90.6%. Then, if you look at the average initial score before and after using animated film media using Swishmax on the subject of fasting in the month of Ramadan, it is not the same, namely the average pre-test score (initial test) of students is 48, and the average post score -test (final test) was 87 with a student progress score of 38. Based on these results, the animated film media using Swishmax on the subject of fasting in the month of Ramadan is suitable for use in PAI learning for class VII junior high school students. Keywords: Media, Animated Films, PAI Learning, Ramadan Fasting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 06:36
Last Modified: 29 May 2024 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33410

Actions (login required)

View Item View Item