TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DI DESA GADINGREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu)

Chana, Indicha Lind Rosica (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP DI DESA GADINGREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK CHANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Maraknya usaha-usaha Industri makro maupun mikro kecil yang ada di Kota-kota besar maupun di Desa seringkali menimbulkan masalah kerusakan lingkungan. Seperti kerusakan lingkungan yang terjadi di Desa Gadingrejo yang disebabkan dari proses produksi tahu. dalam proses produksi tahu manghasilkan limbah padat dan cair, limbah padat dapat diolah menjadi oncom, tempe gembus, dan pakan ternak. Sedangkan limbah cair yang langsung di buang ke Sungai akan berdampak terhadap pencemaran dan kerusakan lingkungan. Dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup pemerintah telah membentuk Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat pemerintah daerah dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu bertanggung jawab dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang ada di Pringsewu, salah satunya Desa Gadingrejo. Dalam mengatasi masalah pencemaran dan kerusakan lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu melakukan pengawasan yang meliputi : pencegahan, pengendalian, dan pemulihan. Rumusan dalam penelitian ini, yaitu : Pertama, Bagaimana pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkingan hidup oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu?; Kedua, Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu?. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian yaitu metode penelitian kualitatif dengan deskripsi analisis yang diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh data secara langsung dari partisipan dan informasi dari objek penelitian ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa, pelaksanaan pengendalian pencemaran yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu tertuang di dalam Pogram Kali Bersih (PROKASIH) yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu. Namun, dalam pelaksanaannya Program Kali Bersih (PROKASIH) yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu belum berjalan efektif, karena masih ada program yang belum terlaksana seperti program pengendalian pencemaran, penyediaan fasilitas IPAL bagi pengusaha industri, dan masih banyak pengusaha industri yang belum mendaftarkan usahanya khususnya izin lingkungan yang didaftarkan ke Dinas Lingkungan iv Hidup Kabupaten Pringsewu. berdasarkan pandangan Fiqh Siyasah pelaksanaan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu belum terealisasikan sesuai dengan fiqh siyasah khususnya siyasah tanfidziah. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu belum mampu mengemban amanat terhadap pelaksanaan pengendalian pencemaran sesuai dengan fiqh siyasah yang berlandaskan peraturan perundang-undangan. Kata Kunci :Fiqh Siyasah, Pengendalian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 04:08
Last Modified: 29 May 2024 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33401

Actions (login required)

View Item View Item