TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP OVER KONTRAK RUKO (Studi di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah)

Marensa, Febrianti Aulia (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP OVER KONTRAK RUKO (Studi di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MARESA FEBRIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu bentuk muamalah Akad Ij ̅rah adalah akad sewa menyewa suatu objek benda sedangkan kepemilikan pokok benda itu tetap pada pemiliknya. Over kontrak ruko di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah bermasalah, hal ini ditandai dengan penyewaan ruko yang harus digunakan dengan sendirinya dan tidak diperbolehkan melakukan over kontrak ruko tanpa sepengetahuan dan persetujuan pihak pengelola pasar. Penyewaan ruko tersebut menjadi topik permasalahan penelitian ini karena pelaksanaan objek sewa menyewa di Pasar Simpang Agung menunjukan adanya unsur ketidaksesuaian dalam pemanfaatan ruko yaitu penyewa. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan over kontrak ruko di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah dan bagaimana Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan over kontrak ruko di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan over kontrak ruko di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah dan untuk mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan over kontrak ruko di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang berdasarkan kenyataan di lapangan dalam keadaan yang sebenarnya. Sifatnya penelitian ini adalah bersifat deskriptif normatif yaitu suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan objek yang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Pasar Simpang Agung. Setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah. Mengenai praktik sewa menyewa antara orang yang memberikan sewa ruko yakni pengelola pasar dan pihak penyewa ruko dimana perjanjian sewa menyewa dilakukan secara lisan dan tertulis, akan tetapi pada saat pelaksanaan sewa menyewa terdapat ketidaksesuaian dengan iv perjanjian diawal yaitu terkait over kontrak ruko yang dilakukan oleh penyewa ruko tanpa diketahui dan disetujui oleh pengelola pasar dimana seharusnya ruko tersebut harus digunakan oleh penyewa itu sendiri dan tidak dipebolehkan melakukan over kontrak ruko tanpa sepengetahuan dan persetujuan pihak pengelola pasar. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap over kontrak ruko di Pasar Simpang Agung Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah adalah tidak sah atau bathil. Karena terdapat ketidaksesuaian pelaksanaan sewa menyewa dengan perjanjian yang telah disepakati, selain itu terdapat pihak yang merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 03:20
Last Modified: 29 May 2024 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33396

Actions (login required)

View Item View Item