METODE DZIKIR TAREKAT NAQSYABANDIYAH DALAM MENGATASI STRESS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 1041 DESA PASURUAN KECAMATAN PENENGAHAN

Siti, Maryam (2024) METODE DZIKIR TAREKAT NAQSYABANDIYAH DALAM MENGATASI STRESS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 1041 DESA PASURUAN KECAMATAN PENENGAHAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SITI MARYAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “METODE DZIKIR TAREKAT NAQSYABANDIYAH DALAM MENGATASI STRESS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 1041 DESA PASURUAN KECAMATAN PENENGAHAN”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini miftahul huda pasuruan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Metode Dzikir Naqsyabandiah untuk mengatasi stress pada peserta didik. Dan Untuk mengetahui bagaimana hasil dari pelaksanaan dzikir tarekat naqsyabandiah dalam mengatasi stress peserta didik. Metode dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian (Field Research) dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, terdapat kelas XII berinisial (AD, DD, IP dan EI) yang mengalami stress dan akan dilakukan dzikir naqsyabandiah . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Metode Dzikir Naqsyabandiah Dalam Mengatasi Stress yakni dilakukan dengan 3 tahapan yakni tahapan perencanaan, inti dan pengakhiran a) Tahapan Persiapan, Dalam tahapan peserta didik diwajibkan mandi taubat dengan air mengalir dan bersih. tujuan membersihkan diri baik rohani dan jasmani. Dilanjutkan berwudhu dan dilanjukan dengan berpakaian bersih B) Tahap pelaksanaan dengan melakukan 2 dzikir tarekat Naqsyabandiah yakni : Berdzikir dengan mengucap kalimat “Allah” sebanyak 5000 kali Berdzikir dengan meyebut kalimat “ La illahaillallah” , Jamaah akan melalkuakn dzikir terus menerus dan ibadah sholat yang akan di bimbing oleh Ust, Ahmad Hidayat, S.Pd.I. c) Tahap Akhir Pada tahapan ini bisa diakhiri jika jamaah sudah merasakan lelah. Setelah melakukan dzikir dan ibadah sholat jamah akan merasakan kelelahan namun dalam kesadaran namun memperoleh ketenangan jiwa. 2) Hasil dari melakukan dzikir ini sangat membantu peserta didik dalam mengatsi stress , peserta didik jauh lebih tenang dan dapat mengendalikan pikirannya. Kata Kunci: Dzikir Tarekat Naqsyabandiah, Stress, Peserta Didik iii ABSTRACT The author took the title "NAQSYABANDIYAH TAREKAT DZIKIR METHOD IN OVERCOMING STRESS AT MIFTAHUL HUDA Islamic Boarding School 1041 PASURUAN VILLAGE PENENGAHAN DISTRICT". The formulation of the problem in this research is 1) How is the Dhikr Naqsyabandiah applied in overcoming stress? 2) What are the results of the implementation of Dhikr Naqsyabandiah at the Miftahul Huda Pasuruan Foundation? This research aims to describe the implementation of the Dzikir Naqsyabandiah Method to overcome stress in students. And to find out what the results of the implementation of the Naqsyabandiah Tarekat dhikr were in dealing with student stress. The method in this research is a type of research (Field Research) and is included in the type of qualitative research using data collection techniques in the form of interviews, documentation and observation. In this research using primary and secondary data sources, there are class XII with the initials (AD, DD, IP and EI) who are experiencing stress and will be doing dhikr naqsyabandiah. The results of this research show that 1) The application of Dhikr Naqsyabandiah in overcoming stress is carried out in 3 stages, namely the planning, core and ending stages. With the aim of cleansing yourself both spiritually and physically. Followed by ablution and continued with clean white clothes. B) The implementation stage involves performing 2 dhikr of the Naqsyabandiah order, namely: Dhikr by saying the phrase "Allah" 5000 times. Dhikr by saying the phrase "La illahaillallah", the congregation will carry out continuous dhikr and prayer services which will be guided by Ust, Ahmad Hidayat, S.Pd.I. c) Final Stage This stage can be ended if the congregation feels tired. After performing the dhikr and prayer services, the congregation will feel tired but conscious but will gain peace of mind. 2) The results of applying this dhikr really help students deal with stress, students are much calmer and can control their thoughts. Keywords: Dhikr of the Naqsyabandiah Order, Stress, Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2024 03:15
Last Modified: 29 May 2024 05:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33395

Actions (login required)

View Item View Item