PENGEMBANGAN E-BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DONGENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS 3 SD/MI

Rini, Yuliyana (2024) PENGEMBANGAN E-BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DONGENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS 3 SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapus.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang menggabungkan kecakapan literasi, kemampuan pengetahuan, keterampilan, perilaku, serta penguasaan teknologi. Pada pembelajaran abad 21 peserta didik tidak hanya dituntut untuk mahir dalam ilmu pengetahuan saja, lebih dari itu peserta didik juga harus terampil dalam menggunakan teknologi. Perkembangan teknologi telah merubah berbagai aktivitas dalam sendi kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pendidik seharusnya memiliki kemampuan belajar yang kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran. Perkembangan teknologi telah menghasilkan banyak inovasi baru untuk menunjang proses pembelajaran. Variasi media pembelajaran telah membuat perubahan yang signifikan dalam pembelajaran, dengan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran akan membantu mengembangkan keterampilan penting peserta didik seperti berfikir kritis, pemecahan masalah, kreatifitas, dan literasi digital. Seiring berjalannya waktu, literasi tidak hanya dimaknai sebagai kemampuan baca tulis saja, akan tetapi lebih dari itu, literasi merupakan implikasi untuk memperoleh suatu informasi, memahami, serta mampu menguasai suatu informasi yang ada. Rendahnya minat baca peserta didik pada era digital dapat diatasi dengan membuat inovasi yang mampu menumbuhkan minat baca dan tentunya berbasiskan teknologi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran E-booklet berbasis dongeng untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas III SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan menurut Borg and Gall. Namun dalam penelitian ini hanya dilakukan 7 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh 5 validator menunjukan bahwa media pembelajaran E-booklet berbasis dongeng memenuhi kriteria Sangat Layak. Skor yang iv diperoleh dari hasil validasi ahli media sebesar 91% (Validator I); 80% (Validator II), hasil validasi ahli bahasa sebesar 95% (Validator I); 95% (Validator II) dan hasil validasi ahli materi sebesar 87% (Validator I); 85% (Validator II). Dengan demikian media pembelajaran E-booklet berbasis dongeng untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas III SD/MI dilihat dari nilai N-Gain yaitu dengan kriteria Sedang. Hasil angket respon peserta didik skala kecil diperoleh skor 93% dan hasil angket respon peserta didik skala besar diperoleh skor 88% dengan kriteria Sangat Layak. Kata Kunci: E-booklet, Minat Baca, Dongeng v ABSTRACT 21st century learning is learning that combines literacy skills, knowledge abilities, skills, behavior and mastery of technology. In 21st century learning, students are not only required to be proficient in science, more than that, students must also be skilled in using technology. Technological developments have changed various activities in aspects of life, including in the field of education. Educators should have creative and innovative learning abilities in conducting learning. Technological developments have produced many new innovations to support the learning process. The variety of learning media has made significant changes in learning, with the integration of technology in the learning process it will help develop students' important skills such as critical thinking, problem solving, creativity and digital literacy. As time goes by, literacy is not only interpreted as the ability to read and write, but more than that, literacy is the implication of obtaining information, understanding, and being able to master existing information. Students' low interest in reading in the digital era can be overcome by creating innovations that can foster interest in reading and are of course technology-based. This research aims to produce a product in the form of fairy tale-based e�booklet learning media to increase reading interest in class III SD/MI students. This research is Research and Development (R&D) research using a development model which refers to the development model according to Borg and Gall. However, in this research only 7 steps were carried out, namely research and initial information collection, planning, initial product development, initial trials, product revision, field trials, product revision. The research results obtained from the validation results carried out vi by 5 validators show that the fairy tale-based E-booklet learning media meets the Very Appropriate criteria. The score obtained from the media expert validation results was 91% (Validator I); 80% (Validator II), linguist validation results were 95% (Validator I); 95% (Validator II) and material expert validation results of 87% (Validator I); 85% (Validator II). Thus, the E�booklet learning media is based on fairy tales to increase the reading interest of class III SD/MI students, seen from the N�Gain value, namely the Medium criteria. The results of the small scale student response questionnaire obtained a score of 93% and the results of the large scale student response questionnaire obtained a score of 88% with Very Eligible criteria. Keywords: E-booklet, Interest in Reading, Fairy Tales

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 07:25
Last Modified: 28 May 2024 08:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33391

Actions (login required)

View Item View Item