STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL AL-HIKMAH DALAM MENANGANI MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KABUPATEN PESAWARAN

INGGIT, MUSTIKAWUNI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL AL-HIKMAH DALAM MENANGANI MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK INGGIT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komunikasi merupakan seluruh keputusan kondisional tentang tindakan yang akan dijalankan guna mencapai tujuan. Strategi komunikasi memungkinkan suatu tindakan komunikasi dilakukan untuk target-target komunikasi yang dirancang sebagai target perubahan. Lembaga kesejahteraan sosial adalah organisasi sosial atau perkumpulan sosial yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. Penelitian ini adalah penelitian penanganan masalah kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Al-Hikmah. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik penelitian lapangan (Field Research). Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan penanganan masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Pesawaran, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan sumber data primer dan data sekunder dan menggunakan wawancara atau interview, observasi, serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian yang didapat, dalam menangani masalah kesejahteraan sosial Lembaga Kesejahteraan Sosial Al-Hikmah menggunakan strategi komunikasi yang cukup efektif. Lembaga harus memahami dan mengetahui bagaimana karakteristik PMKS yang sedang didampingi sehingga pesan yang diberikan bisa dengan mudah mereka pahami. Menyusun materi menjadi sebuah modul yang berisi program yang akan dilakukan, menyampaikan pesan yang informatif dan bahasa yang mudah dipahami serta lebih menarik perhatian khalayak, memengaruhi atau membujuk dengan memberi penerangan untuk melakukan kegiatan yang berbentuk edukasi. Lembaga Kesejahteraan Sosial Al-Hikmah menggunakan Whatsapp dan Facebook sebagai alat penghubung dan juga menggunakan pertemuan dengan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) secara tatap muka. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Kesejahteraan Sosial iii ABSTRACT Communication strategy is all conditional decisions about actions to be carried out to achieve goals. Communication strategies allow a communication action to be carried out for communication targets designed as targets of change. Social welfare institutions are social organizations or social associations that carry out the implementation of social welfare formed by the community, both legal entities and non-legal entities. This research is a research on handling social welfare problems conducted by the Al-Hikmah Social Welfare Institute. The research method used is using a descriptive qualitative approach. The data collection technique used in this study is a field research technique (Field Research). The problem in this study is how to implement the handling of social welfare problems in Pesawaran Regency, through primary data sources and secondary data, using interviews or interviews, observations, and documentation as data collection techniques. From the results of the research obtained, in dealing with social welfare problems, Al-Hikmah Social Welfare Institute uses a fairly effective communication strategy. Institutions must understand and know how the characteristics of PMKS are being accompanied so that the message given can be easily understood by them. Compile material into a module that contains the program to be carried out, conveys informative messages and language that is easy to understand and attracts the attention of the audience, influences or persuades by providing information to carry out activities in the form of education. Al-Hikmah Social Welfare Institute uses Whatsapp and Facebook as a liaison tool and also uses face-to-face meetings with People with Social Welfare Problems (PMKS). Keywords : Communication Strategy, Social Welfare

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 06:52
Last Modified: 28 May 2024 08:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33384

Actions (login required)

View Item View Item