KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DIPONDOK PESANTREN AL-FALAH KELURAHAN PASAR KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT

ALEX, SETIAWAN (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA USTADZ DAN SANTRI DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DIPONDOK PESANTREN AL-FALAH KELURAHAN PASAR KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi ALEX SETIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi Interpersonal merupakan proses pengiriman dan penerima pesan antara dua orang atau sekelompok kecil orang yang terjadi secara langsung dengan berbagai efek dan umpan balik (Feed Back). Komunikasi interpersonal yang dimaksud dalam skripsi ini adalah komunikasi yang terjadi antara ustadz dan santri di Pondok Pesantren al-falah kelurahan pasar krui kab. pesisir barat, yang mana komunikasi jenis ini terjadi secara langsung dan bersifat interpersonal dalam hal ustadz pembinaan akhlakul karimah pada diri santri. Fenomena yang terjadi yakni ustadz sudah melakukan komunikasi interpersonal pada santri untuk pembinaan akhlakul karimah santri yang dipandang dalam ajaran islam yaitu Akhlak atau kebiasaan yang baik seperti : Disiplin dalam beribadah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian adalah Ustadz dan Santri di Pondok Pesantren yang berjumlah 5 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Dalam menganalisa data penulis menggunakan Tematik analisis, artinya penelitian ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran tentang data sehingga mudah memahaminya. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa proses komunikasi interpersonal yang dilakukan ustadz dan santri dalam pembinaan akhlakul karimah di Pondok Pesantren al-falah kelurahan pasar krui kab. pesisir barat dilakukan setiap hari dengan cara komunikasi yang menggunakan bahasa indonesia. Selain itu, dalam kegiatan komunikasi interpersonal yang baik harus adanya beberapa aspek diantaranya: keterbukaan,empati,dukungan,sikap positif, dan kesetaraan. Adapun yang menjadi kendala dalam berkomunikasi ustadz pada santri adalah kepribadian dan latar belakang santri yang berbeda-beda seperti santri yang berkalangan dari kelurga yang kurang harmonis dan faktor lingkungan kurang baik dan santri yang baru beradaptasi dilingkungan baru. Sehingga dalam hal ini ustadz harus memahami masing�masing karakter santri agar dapat dibina akhlaknya atau kebiasaannya, akhlak atau kebiasaan tersebut termasuk karakter dalam pandangan islam. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Pembinaan Akhlakul Karimah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 06:42
Last Modified: 28 May 2024 08:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item