MANAJEMEN KINERJA GURU DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG UTARA

IRAWAN, Ismail (2024) MANAJEMEN KINERJA GURU DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI IRAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja guru harus selalu ditingkatkan mengingat tantangan dunia pendidikan untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di era global semakin ketat. Tugas kepala madrasah selaku pimpinan adalah membangun karakter, melakukan proses, dan penilaian terhadap kinerja guru. Hal ini berarti bahwa kinerja guru merupakan rentetan dari kepemimpinan kepala madrasah dalam memanajemen seluruh komponen madrasah terutama tenaga kependidikannya. Salah satu upaya dalam pembinaan kinerja guru adalah dengan memberikan, motivasi terhadap guru yang berupa reward sebagai bentuk apresiasi kepala madrasah, terhadap performa guru. Artinya manajemen kepala madrasah dengan kinerja guru sangat erat kaitannya dalam menentukan tujuan pendidikan yang menjadi, target utama dalam pendidikan. Oleh karena itu, upaya peningkatan kinerja di madrasah maka dibutuhkan peran kepala madrasah dalam memimpin membuat sebuah program pembinaan yang terencana dengan baik, sehingga diharapkan, dengan pembinaan tersebut kinerja guru juga akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen kinerja guru di MTs Negeri 1 Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala madrasah dan guru. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk mengecek keabsahana data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kinerja guru dilaksanakan dalam empat aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Berdasarkan data hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan dan pengawasan berjalan secara efektif. Namun, dari sisi pelaksanaan ditemukan beberapa masalah yakni masalah eksternal dan masalah internal. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan beberapa hal, yaitu, mengembangkan beberapa karakter dalam perencanaan, pengorganisasian personil, implementasi rogram, pengawasan secara intensif, menanamkan nilai- nilai Islami dan persaudaraan, dan mengoptimalkan fungsi dan peran guru. Kata Kunci: Manajemen; Kinerja Guru; Madrasah vii ABSTRACT Teacher performance must always be improved, considering the challenges of the world of education to produce quality human resources that can compete in the global era. The task of the madrasah principal as a leader is to build character, carry out processes, and assess teacher performance. This means that teacher performance is a result of madrasah leadership in managing all components of the madrasah, especially the education staff. One of the efforts to foster teacher performance is by motivating teachers with rewards as a form of appreciation from the madrasah principal for teacher performance. This means that the management of madrasah principals and teacher performance are closely related in determining the educational goals that become the main target in education. Therefore, efforts to improve performance in madrassas require the role of the madrassa principal in leading the creation of a well-planned coaching program, so it is hoped that with this coaching, teacher performance will also increase. The purpose of this study was to analyze teacher performance management at MTs Negeri 1 Lampung Utara. The research method used is qualitative. Data collection techniques include interviews, observation, and documentation. The research subjects were the madrasah head and teachers. The data obtained were analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Furthermore, checking the validity of the data is done by triangulation. The results showed that teacher performance management is carried out in four aspects: planning, organizing, implementing, and supervising. Based on the research data, it was found that planning and supervision were effective. However, in terms of implementation, several problems were found, namely external problems and internal problems. To overcome these problems, several things are applied, namely, developing several characteristics in planning, organizing personnel, implementing programs, intensive supervision, instilling Islamic values and brotherhood, and optimizing the functions and roles of teachers.. Keywords: Management; Teacher Performance; Madrasah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 06:33
Last Modified: 28 May 2024 09:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33380

Actions (login required)

View Item View Item