PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERJANJIAN KERJA ANTARA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA OUTSOURCING DENGAN PEKERJA OUTSOURCING (Studi di PT. Gada Perkasa Sakti Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung)

CHAIRUNNISA, HAIYUN (2024) PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERJANJIAN KERJA ANTARA PERUSAHAAN PENYEDIA JASA OUTSOURCING DENGAN PEKERJA OUTSOURCING (Studi di PT. Gada Perkasa Sakti Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak Perjanjian kerja outsourcing adalah perjanjian antara perusahaan penyedia jasa outsourcing dengan perusahaan pengguna jasa dan dengan pekerja outsourcing. PT. Gada Perkasa Sakti adalah perusahaan penyedia jasa outsourcing yang bergerak di bidang jasa satpam dan berbentuk badan hukum, perusahaan PT. Gada Perkasa . Sakti mempekerjakan satpam menggunakan sistem perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan akad perjanjian kerja antara PT. Gada Perkasa Sakti dengan pekerja outsourcing? Bagaimana perspektif hukum ekonomi syariah terhadap akad perjanjian kerja antara PT. Gada Perkasa Sakti dengan pekerja outsourcing di Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan menjawab semua rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pelaksanaan akad perjanjian kerja antara PT. Gada Perkasa Sakti dengan pekerja outsourcing serta untuk mengetahui perspektif hukum ekonomi syariah terhadap akad perjanjian kerja antara PT. Gada Perkasa Sakti dengan pekerja outsourcing di Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung. Dalam penyelesaian skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research), artinya penelitian yang datanya diambil dan dikumpulkan dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi atau melakukan pengamatan langsung terhadap penerapan outsourcing PT. Gada Perkasa Sakti dengan pekerja outsourcing, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah dengan cara editing, organizing dan menganalisis menggunakan kaidah, ijtihad ulama dan dalil yang berkaitan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian di PT. Gada Perkasa Sakti (GPS) ini ditemukan bahwasanya dalam isi kontrak tersebut sudah sangat jelas, kedua belah pihak telah rela untuk melakukan perjanjian tersebut, objek atau pekerjaan yang diberikan sudah jelas yakni sebagai keamanan swakarsa (satpam) di PT. Indo American Seafoods, dalam pemberian upah juga sudah diberikan. Namun dalam praktik yang ada dalam pemberian upah ternyata tidak s esuai dengan yang ada dalam isi surat perjanjian kerja yaitu pemotongan upah 7% setiap kali upah diberikan dan tidak didasarkan pada kesepakatan kedua belah pihak. Jika praktik ini ditinjau dengan hukum ekonomi syariah perjanjian kerja ini termasuk perjanjian kerja yang tidak sesuai karena tidak terpenuhinya rukun dan syarat ijarah yaitu ijab qabul tidak sesuai dengan gaji yang diberikan, pihak jasa outsourcing dalam pemberian upah tidak sesuai dengan kesepakatan yang terjadi di kontrak perjanjian sebelumnya. Kata kunci :Perjanjian, Upah,Outsourcing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 May 2024 04:31
Last Modified: 28 May 2024 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33378

Actions (login required)

View Item View Item