MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB FLAMBOYAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Husniyah, Jahri (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB FLAMBOYAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan menyimak anak usia dini merupakan hal penting yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini, karena menyimak adalah aspek pertama yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan kegiatan berbahasa lainnya. Menyimak berarti mendengarkan dengan baik-baik apa yang diucapkan atau dibaca seseorang. Adapun salah satu metode yang dapat menstimulus keterampilan menyimak anak yaitu dengan menggunakan permainan bisik berantai. Permainan bisik berantai adalah suatu permainan yang sebelumnya anak dibagi menjadi beberapa kelompok terlebih dahulu dan membisikkan pesan atau perintah kalimat atau kata kepada teman yang lain. Berdasarkan latar belakang masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan keterampilan menyimak melalui permainan bisik berantai anak usia 5-6 tahun di KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung ?. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak melalui permainan bisik berantai anak usia 5-6 tahun di KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelompok B1 KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung yang berjumlah 20 peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu keterampilan menyimak pada anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian yang telah dilakukan di KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung yaitu didapatkan hasil bahwa metode permainan bisik berantai dapat meningkatkan keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun di KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung, hal ini dapat dibuktikan dari adanya peningkatan keterampilan menyimak anak pada setiap siklusnya. Pada pra siklus dalam keterampilan menyimak anak tedapat 20 anak dan diperoleh 0 anak atau 0% yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus I terdiri dari 20 anak, 5 anak atau 25% dari jumlah anak yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus II terdiri dari 20 anak, yang memenuhi kriteria berkembang sangat baik (BSB) ada 15 anak yaitu 80%. iv Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75% peserta didik kelompok B1 KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung keterampilan menyimak anak dapat berkembang sangat baik dapat tercapai. Kata Kunci : Permainan Bisik Berantai, Keterampilan Menyimak v ABSTRACT Early childhood listening skills are an important thing that must be instilled in children from an early age, because listening is the first aspect that humans do in everyday life compared to other language activities. Listening means listening carefully to what someone says or reads. One method that can stimulate children's listening skills is by using a chain whisper game. The chain whisper game is a game in which children are first divided into several groups and whisper messages or commands, sentences or words to other friends. Based on the background of the problem, the problem formulation in this research is how to improve listening skills through a chain whisper game for children aged 5-6 years at KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung? The research aims to improve listening skills through a chain whisper game for children aged 5-6 years at KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung. The research method used is Classroom Action Research (PTK). The subjects in this research were all students in the B1 group of KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung, totaling 20 students. The object of this research is children's listening skills. The data collection technique used is observation, interview and documentation techniques. Based on the results of the analysis of research conducted at KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung, it was found that the chain whisper game method could improve the listening skills of children aged 5-6 years at KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung, this can be proven by the increase in children's listening skills in every cycle. In the pre-cycle, there were 20 children in children's listening skills and 0 children or 0% met the criteria for very well developed (BSB). In cycle I it consisted of 20 children, 5 children or 25% of the total number of children who met the criteria for very well developed (BSB). In cycle II, there were 20 children, of whom 15 children met the criteria for very well development (BSB), namely 80%. Thus, the success indicator determined is 75% of students in the B1 group of KB Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung. Children's listening skills can develop very well. Keywords: Chain Whisper Game, Listening Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2024 08:01
Last Modified: 27 May 2024 10:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33370

Actions (login required)

View Item View Item