PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA SMK BAKTI MUDA WIYATA PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

NUR, LAILA FEBRIYANTI (2024) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA SMK BAKTI MUDA WIYATA PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NUR LAILA FEBRIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kesulitan belajar terjadi karena karakteristik dan latar belakang peserta didik di sekolah itu beraneka ragam. Ada peserta didik yang mampu menempuh kegiatan belajar secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan. Namun di sisi lain, ada pula peserta didik yang justru dalam belajarnya mengalami hambatan-hambatan tertentu atau mengalami kesulitan baik bersifat fisiologi, psikologi, maupun sosiologi sehingga pada akhirnya menyebabkan prestasi belajar atau tujuan belajarnya tidak berhasil tercapai sebagaimana mestinya. Dalam hal ini peran guru bimbingan konseling sangat dibutuhkan untuk mengupayakan peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi agar tidak mengalami kesulitan dalam belajar. Guru bimbingan konseling berperan penting bagi peserta didik supaya dapat membantu potensi dan mengatasi masalah-masalah yang dihadapi peserta didik. Peneliti berhasil menemukan layanan yang sesuai dengan kondisi pelajar. Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap guru bimbingan konsling ialah setelah mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik kelas XI Multimedia SMK BMW Pasir Sakti Lampung Timur. Agar mengetahui usaha yang dilakukan guru bimbingan konseling untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas XI Multimedia SMK BMW Pasir Sakti Lampung Timur tersebut. Dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik guru bimbingan konseling menegaskan bahwa pernah memberikan informasi tentang cara mengatasi kesulitan belajar peserta didik biasanya pada waktu upacara hari senin saya suka menyampaikan apa yang harus mereka (pelajar) lakukan ketika menghadapi kesulitan dalam belajar. Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas XI Multimedia SMK BMW Pasir Sakti Lampung Timur adalah memberikan informasi tentang cara mengatasi kesulitan belajar peserta didik biasanya pada waktu upacara hari senin saya suka menyampaikan apa yang harus mereka (peserta didik) lakukan ketika menghadapi kesulitan dalam belajar, metode yang digunakan oleh bimbingan dan konseling dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar adalah dengan menggunakan metode problem solving, tehnik-tehnik yang digunakan oleh guru BK dalam membantu peserta didik mengatasi kesulitan belajar adalah melalui layanan informasi dilakukan dengan cara memberikan informasi melalui leaflet dan pamphlet yang ditempel di papan iii bimbingan BK, dan peran guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan melakukan upaya untuk peserta didik kelas XI Multimedia SMK BMW Pasir Sakti Lampung Timur dengan menggunakan pendekatan Behavioral. Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Kesulitan Belajar Peserta Didik, Peran Guru Bimbingan Konseling iv ABSTRACT Learning difficulties arise due to the diverse characteristics and backgrounds of students in the school. Some students can navigate learning activities smoothly and succeed without encountering difficulties. On the other hand, there are students who face specific obstacles or difficulties in their learning, whether physiological, psychological, or sociological, ultimately leading to the failure to achieve their learning goals. In this context, the role of guidance and counseling teachers is crucial in ensuring that students have high learning motivation and do not encounter difficulties. Guidance and counseling teachers play a significant role in assisting students to unlock their potential and address the challenges they face. The researcher has identified a service that aligns with the students' conditions. The results of the research conducted on guidance and counseling teachers involve identifying learning difficulties among students in the Multimedia class of SMK BMW Pasir Sakti, East Lampung. To understand the efforts made by guidance and counseling teachers in addressing the learning difficulties of these students, it was found that they provided information on how to overcome learning difficulties during the Monday morning assemblies. The efforts of guidance and counseling teachers in overcoming the learning difficulties of the Multimedia class of SMK BMW Pasir Sakti, East Lampung, involve providing information on how to address these difficulties. The methods used by guidance and counseling in assisting students to overcome learning difficulties include employing problem-solving methods. The techniques used by BK teachers to help students overcome learning difficulties include providing information through leaflets and pamphlets displayed on the BK guidance board. The role of BK teachers in enhancing the learning motivation of students facing difficulties is through efforts using a Behavioral approach for the Multimedia class of SMK BMW Pasir Sakti, East Lampung. Keywords: Guidance and Counseling, Students' Learning Difficulties, Role of Guidance and Counseling Teachers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2024 08:00
Last Modified: 22 May 2024 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33341

Actions (login required)

View Item View Item